Kantongi Akreditasi Baik BAN-PT, Program Profesi Insinyur UNPAR Siapkan 2 Hal Tingkatkan Kualitas

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) Universitas Katolik Parahyangan meraih peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), tertanggal 20 April 2022. Peringkat tersebut diraih untuk pertama kalinya sejak PS-PPI UNPAR berdiri sejak September 2020. 

Akreditasi “Baik” tersebut berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2495/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PP/IV/2022 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Profesi Insinyur pada Program Profesi Universitas Katolik Parahyangan. Capaian PS-PPI UNPAR yang kini telah memiliki 4 angkatan tersebut pun diapresiasi Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/4/2022), Rektor menyampaikan bahwa capaian tersebut merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan pemerintah terhadap mutu penyelenggaraan dan pengelolaan Tridarma UNPAR. 

“Akreditasi PPI merupakan akreditasi pertama kali dilakukan. Sejak mulai menyelenggarakan kegiatan melalui mekanisme RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) pada Semester Ganjil 2020/2021, PPI UNPAR harus segera mengurus dan mendapatkan akreditasi. Dan sebagai akreditasi pertama kali, maka peringkat “Baik” tersebut patut disyukuri,” ucap Rektor.

Sementara itu, Kepala PS-PPI UNPAR Ir. Tony Handoko, ST, MT, IPM., mengatakan, UNPAR merupakan salah satu Universitas yang mendapatkan mandat dari pemerintah untuk mendirikan PS-PPI. UNPAR menjadi satu dari 40 Perguruan Tinggi di Indonesia yang ditunjuk pemerintah sebagai penyelenggara PS-PPI.

“Perolehan akreditasi pertama ini tentunya menjadi hal yang menggembirakan bagi PS-PPI UNPAR. Peringkat “Baik” ini menjadi bukti bahwa PS-PPI UNPAR melalui jalur RPL telah melaksanakan kegiatan dengan baik dan menjadi dorongan untuk meningkatkannya di masa mendatang,” ujarnya.

Peringkat tersebut juga menjadi nilai tambah bagi PS-PPI UNPAR, baik untuk dosen, mahasiswa maupun calon mahasiswa dalam berkompetisi dengan PS-PPI yang lain. 

“PS-PPI mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pimpinan universitas, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan dalam persiapan akreditasi, pembuatan dokumen akreditasi hingga diperoleh hasil “Baik”,” tuturnya.

Di masa mendatang, ujarnya, PS-PPI UNPAR merencanakan membuka jalur reguler dan meningkatkan jalur RPL dengan paket SIP – STRI (Sertifikat Insinyur Profesional – Surat Tanda Registrasi Insinyur). Dengan kedua hal tersebut, PS-PPI UNPAR meyakini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas insinyur yang profesional dan berkompeten dalam menjalankan bidang dan perannya di masyarakat.

“Seiring dengan peningkatan kualitas tersebut, PS-PPI UNPAR berharap di masa mendatang dapat mencapai peringkat “Baik Sekali” ataupun “Unggul”,” ucapnya. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)