Home / Berita Terkini / Kanopi KSMPMI, Ruang Diskusi Masyarakat HI

Kanopi KSMPMI, Ruang Diskusi Masyarakat HI

Podcast Kanopi (Kajian Fenomena Permasalahan Internasional) merupakan salah satu program kerja yang dikembangkan pada awal tahun 2020 oleh Kelompok Studi Mahasiswa Pengkaji Masalah Internasional (KSMPMI), sebuah organisasi kemahasiswaan di jurusan Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI Unpar). 

Secara filosofis, KSMPMI memaknai Kanopi sebagai safe space bagi masyarakat HI UNPAR untuk berdiskusi, berbagi, dan juga saling bertukar pikiran dengan menerapkan prinsip non-diskriminasi. Dari segi bahasa, kanopi secara praktis berfungsi sebagai pelindung individu dari hujan maupun panas. Podcast Kanopi menjadi sebuah wadah diskusi dan sumber informasi seputar fenomena dan permasalahan internasional. 

Fenomena dan permasalahan yang dibahas dalam Kanopi mencakup isu politik internasional, ekonomi dan perdagangan, pertahanan dan keamanan, teori-teori hubungan internasional, dinamika sosial, hingga diplomasi antar negara. Pembahasan ini dibuat dalam 4 segmentasi yaitu Kanopi Reguler, Kanopi Sinetur (Sinema dan Literatur), Kanopi Special Edition, serta Aduk-Aduk (adu kritis antar mahasiswa) atau  Bincang (bersama pembicara spesial).

Hingga 30 April 2020, sudah ada 2 episode di dalam Podcast Kanopi. Episode 0 yang berjudul “Kita apa sih?” berbicara mengenai mengapa Kanopi harus ada dan apa makna “Kanopi” bagi KSMPMI. Selain itu, dibicarakan juga tentang proses belajar ilmu Hubungan Internasional di UNPAR dan bagaimana UNPAR telah memberikan banyak sekali pengetahuan baik secara teori maupun praktik. 

Episode 1 yang bertajuk “The World vs. Corona” secara sederhana berbicara mengenai wabah pandemi Covid-19 dari kacamata keamanan non-tradisional dan juga dari kacamata media. Secara spesifik, dibahas bagaimana cara penanganan, pencegahan, serta dampak yang dirasakan oleh suatu negara melalui perspektif keamanan kesehatan dan juga media. Pada episode ini, 2 Podcaster Kanopi (Daffa Haikal dan Natasha Halim) berkolaborasi dengan 2 dosen ilmu Hubungan Internasional UNPAR yaitu Vrameswari Omega Wati dan Marshell Adi Putra. 

Setelah dua episode ini, KSMPMI telah melakukan rekaman untuk episode 2 yang merupakan segmentasi dari “Sinetur”. Dalam episode ini, KSMPMI mengkaji sebuah film dan mengaitkannya pada fenomena yang saat ini terjadi. Episode 2 dijadwalkan mengudara pada awal Mei. (/DAN – Divisi Publikasi. Sumber: KSMPMI)