Home / Berita Terkini / Jurnal Ilmu Hubungan Internasional Unpar Tanggap Isu Covid-19

Jurnal Ilmu Hubungan Internasional Unpar Tanggap Isu Covid-19

Merebaknya kasus Covid-19 belakangan ini menimbulkan dampak yang signifikan bagi masyarakat internasional. Perubahan di bidang sosial dan ekonomi terasa hingga ke keseharian kita. Isu ini menjadi perhatian dari para akademisi Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang menuangkan pikiran mereka dalam Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (JIHI) Unpar Edisi Khusus pada bulan April 2020.

Jurnal ini lahir dari diskusi akademis yang dilaksanakan pertengahan April 2020. Para dosen HI Unpar termasuk yang sedang melanjutkan studinya di berbagai negara membagikan pandangan terhadap isu tersebut sesuai dengan latar belakang dan konsentrasi keilmuannya masing-masing. Sesuai dengan usul Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. yang juga adalah dosen HI Unpar, hasil diskusi tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan untuk dikumpulkan dan berhasil diterbitkan dalam waktu yang relatif singkat.

JIHI Unpar Edisi Khusus ini berisi 17 karya tulis ilmiah yang didasarkan pada kelompok bidang ilmu (KBI) yang dimiliki Jurusan HI Unpar. KBI tersebut yaitu politik dan keamanan; ekonomi politik internasional; rezim dan organisasi internasional; dan politik, media dan masyarakat transnasional. Beberapa pembahasan tulisan dilakukan dengan gabungan perspektif KBI yang berbeda, sehingga memberi warna tersendiri dan menarik untuk disimak.

Hasil kolaborasi karya komunitas HI Unpar ini diharapkan dapat memberikan pandangan ilmiah dalam kondisi ketidakpastian dunia saat ini.

Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Unpar Edisi Khusus April 2020 dapat diakses melalui http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalIlmiahHubunganInternasiona/issue/view/393/showToc