Jenifer Hartanto Juara 1 Pilmapres UNPAR 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI UNPAR) Jenifer Hartanto meraih Juara 1 dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UNPAR 2024. Mengangkat gagasan kreatif berjudul “Bina Wanita Desa Program Pelatihan Pemasaran Digital: Untuk Mengubah Hidup Perempuan Cibaduyut”, mahasiswa angkatan 2021 itu akan mewakili UNPAR untuk kembali mengikuti seleksi Wilayah di lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

Jenifer mengatakan, gagasan tersebut menjadi fokusnya karena tak dimungkiri keterlibatan perempuan dalam pembangunan masih tergolong rendah di Indonesia. Cibaduyut pun menjadi tujuan karena Cibaduyut pernah menjadi salah satu produsen alas kaki yang turut berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Jenifer pun melihat banyak persoalan yang perlu menjadi perhatian bersama. Mulai dari perempuan yang belum diberdayakan hingga kurangnya tenaga pemasaran digital di Cibaduyut. Program ini pun akan bekerja sama dengan Aliansi Produsen Alas Kaki Jawa Barat (ASPAK Jabar).

“Aku melihat keresahan-keresahan perempuan. Aku ingin sharing dan membuka pikiran melalui pelatihan-pelatihan berarti agar skill meningkat dan semakin percaya diri serta mandiri,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari wawancaranya, Rabu (27/3/2024).

Nantinya berbagai program pelatihan pemasaran digital akan dilakukan. Tujuannya di antaranya:

  1. Peningkatan peran perempuan dalam aktivitas ekonomi
  2. Peningkatan produktivitas perempuan
  3. Peningkatan kompetensi pemasaran digital (level individu)
  4. Meningkatnya jumlah perempuan bekerja
  5. Meningkatnya kepercayaan diri dan kemandirian perempuan

Dia pun memaparkan apa yang diperlukan oleh  perempuan di Cibaduyut. Hal itu mencakup Pengenalan, Pengalaman, dan Transisi Mandiri.

  1. Pengenalan
  • Mengenai peran perempuan dalam ekonomi (sosialisasi kesetaraan gender);
  • Mengenal pentingnya pemasaran digital.
  1. Pendalaman
  • Penggunaan aplikasi pembuatan konten dan platform media sosial;
  • Pendalaman dilakukan dalam bentuk formal training;
  • Peserta diperkenankan berdiskusi dan berkonsultasi.
  1. Transisi Mandiri
  • Peserta akan mempraktikkan pemasaran digital secara langsung sebagai bagian dari staf ASPAK;
  • Peserta akan mempraktikkan pemasaran digital secara mandiri disertai dengan pemantauan dan sesi konsultasi dengan tenaga pendidik.

Jenifer pun menuturkan, capaian Mapres 2023 Daphne Andrea yang berhasil meraih Honorable Mention Kategori Penginspirasi Kewirausahaan Sosial dalam Pilmapres Tingkat Nasional menjadi pemicu dirinya untuk lebih baik menjadi perwakilan UNPAR di tahap selanjutnya. Meski beban yang cukup tinggi dihadapinya, Jenifer yakin dan percaya untuk memberikan yang terbaik.

“Pastinya aku akan mulai diskusi lagi dengan tim Ditmawa maupun dosen-dosen untuk mempersiapkan diri di seleksi selanjutnya. Juga untuk mengevaluasi lagi program-program aku, menyempurnakan lagi supaya capaian programnya nanti lebih holistik untuk ke depannya,” tuturnya. (NAT/SYA-Humas UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 27, 2024

X