Jalin Kerja Sama Lintas Sektoral, Informatika UNPAR Siap Bersaing secara Global

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Teknik Informatika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) aktif melakukan kerja sama dengan berbagai organisasi/institusi dari luar. Sebagaimana dilansir dari laman informatika.unpar.ac.id, pada Kamis (24/6/2021), Teknik Informatika UNPAR tercatat telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak guna mendukung sistem pembelajaran dan peningkatan daya saing. 

Kerja sama tersebut di antaranya dilakukan bersama Bebras Indonesia, Cisco Networking Academy, Oracle Academy, dan Own Games. Berasal dari Lithuania, Bebras merupakan aktivitas ekstrakurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika kepada siswa-siswi setingkat SD-SMA. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi Bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas guru. Di bawah koordinasi Dr.rer.nat. Cecilia Esti Nugraheni, ST, MT, Informatika UNPAR menjadi salah satu mitra Biro Bebras termasuk dalam memberikan materi Bebras ke sekolah-sekolah yang ada di Bandung. Informatika UNPAR juga memfasilitasi kompetisi daring Bebras di sekolah-sekolah.

Selain dengan Bebras Indonesia, Informatika UNPAR juga menjalin kerja sama dengan Cisco. Hal ini bertujuan agar para lulusan Informatika UNPAR mendapatkan keahlian di bidang administrasi jaringan komputer dan sertifikat internasional di bidang ini. Bentuk kerja sama yang dilakukan yaitu menyelenggarakan perkuliahan pilihan Administrasi Jaringan Komputer 1,2,3, dan 4 dengan materi yang ekivalen dengan materi sertifikasi CCNA level 1, 2, 3, dan 4.

Para mahasiswa yang mengambil kuliah tersebut dan memenuhi syarat kelulusan yang telah ditetapkan, akan mendapatkan nilai matakuliah dan sertifikat CCNA level 1, 2, 3, atau 4 (sesuai dengan mata kuliah yang diambil) dari Cisco. Sertifikat ini telah diakui oleh perusahaan-perusahaan yang merekrut lulusan Informatika.

Tak hanya itu, kerja sama juga dilakukan dengan Oracle Academy agar para lulusan Informatika UNPAR mendapatkan skill dan pengetahuan lebih terkait dengan management basis data sesuai dengan perkembangan teknologi, khususnya untuk produk yang dikeluarkan oleh Oracle, dan mendapatkan sertifikasi di bidang ini. Kerja sama ini telah dirintis sejak tahun 2016.  Kegiatan kerja sama dimulai dengan penyelenggaraan mata kuliah pilihan Java Fundamentals.  Para mahasiswa yang mengambil kuliah ini dan memenuhi syarat kelulusan yang telah ditetapkan, akan mendapatkan nilai pada matakuliah ini dan sertifikat dari Informatika UNPAR dan Oracle. Sertifikat dari Oracle sudah diakui oleh perusahaan-perusahaan yang merekrut lulusan Informatika.

Bekerja di perusahaan e-commerce ritel atau merintis usaha sendiri di bidang ini tentunya merupakan salah satu lapangan pekerjaan sarjana Informatika. Karena itu, agar para mahasiswa berkesempatan untuk magang pada perusahaan seperti ini, Informatika UNPAR menjalin kerja-sama dengan Blibli.com yang merupakan perusahaan ritel e-commerce ternama di Indonesia.

Kerjasama dengan Blibli.com terjalin sejak Oktober 2015. Kerja-sama diawali pada penyelenggaraan perkuliahan Kewirausahaan Berbasis Teknologi, dimana Manajer HRD dan IT, mengisi perkuliahan dengan materi seputar bagaimana membangun usaha di bidang e-commerce. Setelah itu, kerja sama dilanjutkan dengan perekrutan beberapa mahasiswa/i  untuk mengerjakan project pengembangan sistem e-commerce Blibli.com. 

Empat mahasiswa angkatan 2013 yang lolos proses perekrutan diberi tugas untuk mengembangkan modul-modul program pada sistem perekrutan pegawai Blibli.com secara online. Project ini juga merupakan tugas keempat mahasiswa/i tersebut pada mata kuliah Proyek Sistem Informasi 1 dan 2. Agar para mahasiswa dapat mengembangkan sistem yang dapat diintegrasikan dengan sistem e-commerce Blibli.com, pada Februari sampai April 2016, para mahasiswa diberi pelatihan beberapa kali, dimana trainer dari Blibli.com hadir di ruang kelas/lab komputer Informatika.

Selain itu, pelatihan jarak jauh juga dilakukan dengan memanfaatkan Skype. Selanjutnya, pada semester pendek 2016 (Juni-Juli 2016) tim mahasiswa diundang untuk bekerja magang di kantor Blibli.com Jakarta. Selama magang, para mahasiswa/i memperdalam teknologi yang digunakan di Blibli.com maupun melanjutkan pekerjaan mereka. Setelah itu, tim mahasiswa terus melanjutkan pekerjaan mereka.

Kerja-sama dengan Blibli.com dengan skema dan kegiatan seperti di atas direncanakan bersifat menerus (sudah dituangkan pada dokumen MOU antara Blibli.com dan UNPAR).

Kemudian pada pertengahan tahun 2016, pecinta game di Indonesia dikejutkan dengan lahirnya game Tahu Bulat yang langsung meledak. Selain game ini, seperti diketahui para gamer, Own Games juga sudah memproduksi cukup banyak games yang populer. Namun yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah bahwa kakak beradik pendiri dan pemilik Own Games (Eldwin dan Jefyin Viriya) adalah alumni Informatika UNPAR. Agar adik-adik kelas di Informatika UNPAR dapat belajar langsung dari entrepreneur yang sukses dalam membangun startup games, kerjasama dengan Own Games pastinya juga dijalin oleh Informatika UNPAR.

Kerja sama sudah terjalin sejak tahun 2014. Pada perkuliahan Kewirausahaan Berbasis Teknologi, Eldwin Viriya membagikan pengalaman dan ilmu mereka tentang bagaimana membangun startup games, mencari investor, strategi memasarkan games, dan sebagainya. Program kerja sama ini terus dilanjutkan.

Pada tahun 2016, Informatika UNPAR dan Own Games merintis kerja-sama dalam pengembangan games. Salah satu ruang di laboratorium komputer Informatika UNPAR dijadikan laboratorium bersama. Para mahasiswa yang berminat mengembangkan aplikasi games akan dilatih/disiapkan oleh Own Games,. Kemudian dapat praktik langsung merancang dan memprogram aplikasi ini di bawah bimbingan Own Games di laboratorium bersama tersebut. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 25, 2021

X