Home / Berita Terkini / International Student Conference 2019: Mencari Solusi untuk Mobilitas Berkelanjutan

International Student Conference 2019: Mencari Solusi untuk Mobilitas Berkelanjutan

Sejalan dengan visinya menjadi world-class university, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) senantiasa meningkatkan kegiatan akademik dengan cakupan global. Salah satunya adalah International Student Conference (ISC), sebuah kegiatan yang memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk menyalurkan pandangan yang membangun dalam peningkatan hidup masyarakat global.

ISC 2019 mengangkat tema “Global Transportation and Mobility: Attempting for a Better Living.” Perkembangan dunia yang makin pesat tidak bisa lepas dari peningkatan mobilitas yang didukung oleh inovasi transportasi. Dengan transportasi efisien yang menggunakan teknologi terbarukan, mobilitas tinggi mampu meningkatkan perekonomian, menciptakan komunitas dinamis, dan akhirnya meningkatkan kehidupan masyarakat umum.

Selama delapan hari, para peserta ISC 2019 mendapatkan wawasan terbaru berkaitan dengan perkembangan dunia global dan langkah ekonomi-sosial berkelanjutan. Kuliah kunci dibawakan oleh akademisi profesional yang ahli di bidangnya, yaitu Dr. Johan Holmgren dan Prof. Akimasa Fujiwara. Selain itu, kegiatan diisi pula oleh lokakarya yang dipandu oleh Hilda Leilani Masniarita Pohan Ph.D,  Dr. Mert Tokman, Sylvia Yazid Ph. D, dan Dr. Benedikte Borgström.

ISC tidak hanya menghadirkan pengalaman akademik yang menarik. Para peserta yang mayoritas berasal dari luar Indonesia diajak untuk mencicipi kebudayaan lokal Tatar Sunda. Dari pengetahuan dan pengalaman baru ini, para peserta ditantang untuk menciptakan solusi melalui suatu Proyek Akhir (Final Project).

Pada akhir rangkaian acara ISC 2019, para peserta mempresentasikan final project yang dibuat sebelumnya. Acara dilanjutkan dengan closing ceremony yang diadakan di Aula Fakultas Hukum. Adapun, malam penutupan diisi dengan berbagai sesi seperti diploma ceremony, penampilan grup partisipan, superlative awards, sesi tukar kado (secret friend gift exchange), juga persembahan tarian Nusantara seperti Gemu Famire, Poco-poco, juga Sajojo dari local participant (Unparian) yang membuat acara semakin meriah.

Tak terasa, rangkaian acara ISC 2019 harus berakhir. Pemutaran rangkuman video dokumentasi sejak kegiatan dimulai menandai penutupan acara closing ceremony. Momen haru para peserta yang saling berucap salam perpisahan seakan tak ingin lepas dari pelukan sahabat. “Until we meet again, fellas!”