Ikuti Humas Internship Program, Mahasiswa UNPAR Bagi Cerita Magang di “Ring 1” Presiden

UNPAR.AC.ID, Bandung – Terlibat langsung dalam proses merancang strategi komunikasi, monitor & analisis media, mendokumentasikan dan mendiseminasikan kegiatan Presiden, Wakil Presiden dan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia menjadi pengalaman tersendiri bagi Mohammad Rassya Mahesa Axagoras.

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI UNPAR) angkatan 2018 ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai peserta magang terbaik dalam Humas Internship Program yang diadakan oleh Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Biro Humas Kemensetneg) pada 30 Mei sampai dengan 3 Oktober 2022.

Humas internship program sendiri merupakan program yang diadakan untuk mendukung program Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi. Program magang tersebut ditujukan bagi mahasiswa yang ingin menggali pengalaman dalam merancang strategi komunikasi, memonitor dan analisis digital media, mendokumentasikan dan mendiseminasikan kegiatan Presiden, Wakil Presiden dan Kementerian Sekretariat Negara. 

Terdapat tiga tahapan yang dilalui mahasiswa untuk mendaftar Humas Internship Program. Tahap pertama, mereka diminta untuk melakukan pendaftaran administratif dengan mengunggah dokumen yang menjadi prasyarat administrasi.  Setelah dinyatakan lolos atau melewati tahapan tersebut akan ada tahapan interview bagi kandidat terpilih secara daring.  Tahap ketiga menjadi tahap terakhir yaitu tes/uji kompetensi yang sesuai dengan jobdesk dasar divisi  yang dipilih. 

Rassya mengatakan motivasi awal  yang untuk mengikuti program ini karena sudah berada di semester akhir dan berkeinginan untuk bekerja secara dekat  di bidang pemerintahan. 

“Saya mengikuti Program Internship Kemensetneg karena Kementerian ini merupakan bagian dari Ring 1 pemerintahan. Ini menjadi tempat yang tepat untuk mengamati bagaimana pemerintahan /birokrasi bekerja secara dekat,” ujar Rassya saat dikonfirmasi, sebagaimana dikutip pada Rabu (12/10/22). 

Dia sendiri tergabung di Divisi MONALISA (Monitoring dan Analisis Media) yang memiliki tugas untuk menyiapkan, menyediakan dan memantau data serta informasi mengenai perkembangan opini publik terkait kegiatan Presiden, Wakil Presiden, dan/atau Menteri Sekretaris Negara, serta kebijakan pemerintah yang sedang diberitakan pada media massa melalui proses monitoring dan analisis media. Kemudian, hasilnya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan para pimpinan dalam proses penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan.

Foto: Dok. Biro Humas Kemensetneg RI

Rassya mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapinya karena sifat pekerjaannya yang fast pace dan menuntut untuk terus adaptif terkait apapun isu yang sedang/akan dipantau walaupun kita sebagai analis kurang menguasai atau memiliki minat ketertarikan terhadap isu tersebut. 

“Perihal waktu dalam artian ketepatan waktu yang tepat kapan suatu isu harus dianalisis dan rekomendasi mitigasi seperti apa yang harus diberikan terlepas pasang surut dari suatu isu yang tidak bisa ditebak secara pasti juga menjadi tantangan tersendiri yang harus dicermati,” ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa program magang yang diselenggarakan Kemensetneg ini sebuah kesempatan yang tidak boleh terlewatkan bagi yang tertarik di bidang pemerintahan. Menurut dia, program magang ini mematahkan ekspektasi dan berbagai stigma seputar kerja maupun kinerja  tentang birokrat atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

“Hal yang unik yang saya alami saat mengikuti program magang ini, saya jadi bisa ikut rangkaian Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI secara langsung di Istana Merdeka. Juga dapat bertemu pemangku kebijakan dan beberapa menteri dalam konferensi maupun rapat-rapat terbatas,” tutur Rassya. 

Rassya pun mengajak mahasiswa UNPAR untuk tak melewatkan kesempatan dalam program MBKM, termasuk jika bisa mengikuti magang di Kemensetneg. Menurut dia, banyak pengalaman yang bermanfaat untuk mengembangkan diri terutama mengasah kesiapan masuk ke dunia kerja.

“Tips untuk Unparian yang berminat mengikuti program magang ini dipantau saja instagram @kemensetneg.ri untuk kesempatan/lowongannya dan jangan lupa kalau sudah bergabung buat bangga almamater kita. Berikan yang terbaik selama magang karena kesempatan yang didapat tidak berlaku untuk semua orang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kemensetneg RI Eddy Cahyono Sugiharto menyampaikan apresiasinya atas kerja cerdas yang dilakukan para mahasiswa yang telah melaksanakan program magang selama kurun waktu 4 bulan. 

“Seperti kita ketahui bersama, Merdeka Belajar dan transformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia unggul di Indonesia. Rekan-rekan ini adalah anak muda terpilih yang telah menyelesaikan magang dan merupakan magang periode terlama di Biro HUmas Kemensetneg. Terima kasih atas kontribusi dan kerja cerdasnya selama 4 bulan ini<” ujar Eddy, melansir dari laman resmi Kemensetneg RI

Eddy berharap, para mahasiswa yang telah menyelesaikan magang dapat melanjutkan kerja cerdas yang dilakukan ketika kembali ke kampus masing-masing. 

“Ketika kembali ke kampus masing-masing harapannya rekan-rekan magang semua melanjutkan kerja cerdas yang sudah dilakukan selama ini di Kemensetneg. Bahkan harus semakin ditingkatkan lagi dan komunikasi rekan magang dengan Kemensetneg tetap dilanjutkan, ya,” kata Eddy. (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengadakan acara pelepasan bagi 12 tenaga kependidikan (tendik) purnabakti, pada Rabu (15/5/2024) di Operation Room Gedung Rektorat. Pelepasan purnabakti tersebut diadakan UNPAR sebagai bentuk penghargaan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Oct 12, 2022

X