Home / Berita Terkini / IDE Unpar Sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Online bagi Mahasiswa

IDE Unpar Sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Online bagi Mahasiswa

Mengikuti Surat Edaran Nomor III/R/2020-03/585 yang disampaikan Rektor Unpar, Mangadar Situmorang Ph.D., terkait masa perkuliahan di tengah wabah COVID-19 maka perkuliahan tatap muka dialihkan hingga akhir semester. Langkah ini dilakukan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) untuk menahan laju penyebaran virus di sekitar wilayah kampus.

Menurut beberapa mahasiswa UNPAR sendiri, keputusan kampus untuk menghentikan seluruh kegiatan tatap muka merupakan tindakan yang tepat sasaran. Selain itu, tindakan tersebut juga sekaligus mendukung protokol pemerintah mengenai kebijakan social distancing dan work from home (WFH).

Untuk mendukung kegiatan belajar online, UNPAR memiliki situs bernama Interactive Digital Learning Environment atau yang lebih dikenal dengan nama IDE. Situs IDE dapat diakses oleh seluruh mahasiswa aktif UNPAR dan telah dipergunakan pula dalam proses pembelajaran sehari-hari. Nantinya IDE juga dapat digunakan selama proses belajar online.

“IDE sangat nyaman digunakan. Fitur-fiturnya juga membantu, seperti memudahkan untuk pengumpulan tugas dan akses materi serta bahan bacaan untuk di kelas,” ucap Rahma Dwiherawati, salah satu mahasiswa UNPAR, ketika menerangkan bagaimana IDE selama ini membantu pembelajaran.

IDE juga memiliki fitur lain yang dapat membantu proses online learning seperti weekly section pada setiap mata kuliah yang diambil per semester dan layanan direct message dengan sesama mahasiswa maupun dosen pengajar.

Meskipun demikian, saat ini IDE tidaklah terlepas dari masalah/gangguan dan masih terus diperbaiki, ditingkatkan serta dikembangkan lagi agar dapat menjadi platform yang kontributif untuk pembelajaran online. Sehingga, nantinya proses belajar mengajar daring di UNPAR dapat dilaksanakan dengan lebih baik, efektif, dan efisien. (AKA/DAN – Bagian Publikasi)