HUT ke-78 RI, Komitmen UNPAR Terus Melaju untuk Indonesia Maju

UNPAR.AC.ID, Bandung – ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’ yang merupakan tema dalam Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia menjadi penting mengingat Indonesia akan memasuki tahun politik. Pada tahun 2024 mendatang, akan terjadi pergerakan dari satu pemimpin ke pemimpin lainnya yang merangkai periode sejarah baru. Tema tersebut pun memberi penegasan untuk memaknai pergantian kepemimpinan di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UNPAR Prof. Tri Basuki Joewono, Ph.D. yang bertindak sebagai Pembina Upacara pada Upacara Peringatan HUT ke-78 RI yang berlangsung di halaman Rektorat UNPAR, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung pada Kamis (17/8/2023).

Sebagaimana diketahui, UNPAR sendiri telah secara resmi melantik Prof. Tri Basuki  sebagai Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027 pada Sabtu (1/7/2023) lalu dengan mengusung prinsip pengembangan “From Great to Greater and Stronger”. Prinsip tersebut pun tentunya sejalan dengan semangat dan cita-cita bersama menuju Indonesia Emas 2045.

“Terus Melaju untuk Indonesia Maju, tema ini menjadi sangat relevan bagi UNPAR di mana transisi kepemimpinan di UNPAR. Juga perlu dilihat sebagai batu penanda waktu bagaimana UNPAR memastikan kontribusinya dalam sejarah Indonesia,” ujar Rektor.

Lebih lanjut, Rektor menyatakan bahwa kiprah dari para komunitas akademik UNPAR menjadi bukti nyata perwujudan sesanti ‘’Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” yang berarti ‘Berdasarkan Ketuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan Kepada Masyarakat’. UNPAR pun berkomitmen untuk mengambil peran dalam proses pembangunan bangsa Indonesia. 

“Sebagai bagian dari bangsa ini, UNPAR berkomitmen untuk berperan dalam proses sejarah pembangunan bangsa ini,” tuturnya.

Rektor UNPAR pun menyatakan bahwa UNPAR bisa mencapai posisi seperti hari ini dengan pencapaian merupakan hasil kerja dan akumulasi prestasi dari para unparian. UNPAR dikatakan menjadi besar karena unparian yang terus bertumbuh dan berprestasi. Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada komunitas akademik UNPAR.

“Dengan bahagia, di hari khusus ini kami kembali menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada setiap sivitas akademika terutama mahasiswa yang berprestasi,” ucapnya.

Di sisi lain, masa depan semakin menantang dengan sejumlah tantangan yang berat. Maka dari itu, Rektor UNPAR menyatakan bahwa kita perlu mempersiapkannya dengan bekerja sama yakni atau kerja kolaboratif. 

“Kita tidak hanya terus menjadi sama dalam semuanya, namun kita harus berkontribusi terhadap pencapaian tujuan bersama. Keberagaman memperkaya bangsa ini, keberagaman juga memperkaya UNPAR,” ujarnya.

Merespons hal tersebut, Rektor Prof. Tri menyatakan bahwa pembangunan negeri ada di tangan kita semua meliputi unparian, anak bangsa, kaum muda, dan lainnya. Dengan demikian, UNPAR dapat mulai memastikan kontribusi dengan membangun diri dan juga Indonesia. 

“Mari melaju bersama untuk Indonesia lebih maju, UNPAR melaju bersama menjadi greater and stronger,” tutur Rektor. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Di tengah perkembangan abad ke-21 yang membawa perubahan cepat dan mendasar, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menggelar Kuliah Umum Estetika bertajuk “Seni, Komunitas, dan Penghayatan Pengetahuan” pada Kamis (13/06/2024). Acara ini...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Aug 17, 2023

X