Himpunan Mahasiswa IF UNPAR Gelar I-Care di Panti Asuhan Putera Maranatha, Ajak Anak Belajar Coding Sederhana

UNPAR.AC.ID, Bandung – Himpunan Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Katolik Parahyangan (HMPSIF UNPAR) melalui program kerja Informatics Care (I-Care) menyalurkan sejumlah bantuan material kepada anak-anak yang terdapat di Panti Asuhan Putera (PAP) Maranatha, Bandung pada Sabtu (18/11/2023) lalu. Tidak hanya bantuan, mereka pun turut memperkenalkan salah satu konsep teknologi, yakni coding

Mengusung tema “We Care, We Share”, para mahasiswa menyalurkan bantuan berupa bingkisan, sembako, keperluan sekolah, dan uang tunai. Di sisi lain, mereka pun membagikan ilmu pengetahuan dengan memperkenalkan konsep coding sederhana kepada anak-anak panti asuhan dengan menggunakan aplikasi Scratch Jr. 

Image Source: I-Care/HMPSIF UNPAR

Dilansir dari proposal kegiatannya, acara ini dilatarbelakangi tingkat penggunaan teknologi informasi Indonesia yang tinggi namun belum bisa bersaing dengan negara lain, khususnya dalam Sumber Daya Manusia bidang teknologi informasi (IT). Akibatnya, banyak perusahaan IT Indonesia menggunakan tenaga kerja yang berasal dari luar negeri. Merepons hal tersebut, Indonesia pun perlu mengambil langkah untuk bisa meningkatkan kualitas SDM di sektor IT. 

Kegiatan ini pun sejalan dengan sesanti UNPAR ‘Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti’ yang berarti berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat. 

Berdasarkan pantauan di tempat, anak-anak tampak antusias mengikuti rangkaian acara yang telah disiapkan oleh panitia. Adapun rangkaian acara yang telah berlangsung meliputi pemberian materi mengenai programming block, live coding pembuatan game roket oleh mentor, hingga pada akhirnya para peserta diberi kesempatan untuk membuat game bersama kelompok masing-masing. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengadakan acara pelepasan bagi 12 tenaga kependidikan (tendik) purnabakti, pada Rabu (15/5/2024) di Operation Room Gedung Rektorat. Pelepasan purnabakti tersebut diadakan UNPAR sebagai bentuk penghargaan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Nov 20, 2023

X