Home / Berita Terkini / HI Unpar Selenggarakan The “New Normal” Talk Series

HI Unpar Selenggarakan The “New Normal” Talk Series

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan bagi kehidupan manusia secara global. Tidak hanya menyangkut keamanan manusia, penyebarannya juga berpengaruh terhadap keamanan nasional juga global. Melihat kondisi yang tidak pernah terjadi sebelumnya ini, banyak ahli kini memperkirakan terjadinya “New Normal” dalam kehidupan masyarakat pasca Covid-19.

Mengangkat tema “New Normal” tersebut, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI Unpar) menyelenggarakan The “New Normal” Talk Series. Rangkaian acara talkshow daring ini dibuka dengan seri pertama bertajuk “Covid-19 dan Tatanan Internasional: Ancaman dan Peluang” yang digelar pada Selasa (5/4/2020) melalui aplikasi Google Meet. Acara yang dipandu oleh Vrameswari Omega W., M.Si. (Han) selaku moderator ini juga disiarkan secara live melalui Youtube Unpar Official.

Pada kesempatan ini, pakar dan akademisi HI di bidang politik dan keamanan memberikan pandangan mereka mengenai dampak Covid-19 bagi dunia, khususnya dalam tatanan politik global. Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. yang juga merupakan dosen HI Unpar membuka diskusi dengan menyoroti perubahan yang akan terjadi pada peran dan relasi antarnegara dalam kerangka “New Normal” ini, apabila hal tersebut terjadi.

Presentasi dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu Grata Endah Werdaningtyas, M.Si. selaku Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kemlu RI. Grata memaparkan upaya aktif Indonesia yang difasilitasi kementerian luar negeri dalam menangani penyebaran Covid-19 secara global. Partisipasi Indonesia di kancah internasional ini dapat menjamin manfaat dalam mengatasi penyebaran dan dampak Covid-19. Sesi ini ditutup dengan paparan singkat dari peneliti senior CSIS, Evan A. Laksmana, mengenai tren-tren politik dan keamanan internasional berkaitan dengan merebaknya Covid-19 secara global.

Sesi kedua diisi oleh paparan karya ilmiah dari empat orang dosen HI dalam kelompok bidang ilmu (KBI) politik dan keamanan yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (JIHI) Unpar edisi April 2020. Mereka adalah Adrianus Harsawaskita, M.A. (Mengkaji Kemungkinan Dunia Pasca-Pagebluk 2020: Deglobalisasi dan Kembalinya Big State), Rizky Widian, M.Si. (ASEAN Regional Potentials for Combating COVID-19), Idil Syawfi, M.Si. (Implikasi Pandemi Covid-19 terhadap Hubungan Internasional: Menuju dunia Paska-Liberal), serta Putu Agung Nara Indra, M.Sc. (COVID- 19 dan Potensi Konflik Sosial). (DAN – Divisi Publikasi)