Guru Besar UNPAR Prof Asep Warlan Tutup Usia

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menyampaikan dukacita yang mendalam atas berpulangnya Prof. Asep Warlan Yusuf. Guru Besar Fakultas Hukum UNPAR tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, Selasa (15/3/2022) sekira pukul 11.25 WIB.

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D., menuturkan bahwa UNPAR kehilangan besar atas kepergian Prof. Asep Warlan Yusuf.

“Prof. Asep merupakan seorang guru besar, intelektual, dan cendekiawan ilmu hukum yang sangat cerdas, piawai, sekaligus sangat bersahabat. Beliau merupakan figur cendekiawan yang tidak saja berkutat dengan tugas pengajaran dan pendidikan,” tutur Rektor dalam keterangan resminya, Selasa (15/3/2022).

Rektor menuturkan, Prof. Asep juga adalah seorang peneliti dan pegiat akademik yang sangat suka berbagai melalui berbagai forum akademik, baik di tingkat Jawa Barat maupun secara nasional. Prof. Asep memiliki jejaring kerja yang sangat luas dan teman dan sahabat beliau ada dimana-mana, lintas ilmu, lintas organisasi, lintas agama dan dan lintas etnis.

“Beliau adalah seorang ilmuan hukum yang sangat cerdas, kritis, tetapi tetap terbuka dan menghargai berbagai ragam perbedaan pendapat. Pendapat hukumnya atas berbagai isu kenegaraan, politik dan pembangunan sangat dinanti oleh banyak pihak dan menjadi sumber pencerahan,” ucap Rektor.

Bagi UNPAR, lanjut Rektor, Prof. Asep Warlan Yusuf adalah guru dan sekaligus sahabat, baik bagi sesama dosen, tenaga kependidikan maupun para mahasiswa. Dengan pengetahuannya yang sangat luas, yang ditandai dengan kecintaannya pada budaya leluhur kesundaannya, serta kepribadiannya yang sangat hangat dan bersahabat.

“Prof. Asep selalu tampil sebagai pribadi yang selalu ceria, suka ngabodor, bercanda. Pribadi yang luar biasa. Dengan gayanya yang sangat khas, perbedaan pendapat atau bahkan pertentangan pandangan yang sangat tajam bisa segera diredakan dan menjadi cair. Sebagai seorang muslim yang sangat soleh, Prof. Asep juga menunjukkan keteladanan kemanusiaan yang luar biasa, khususnya dalam menghargai perbedaan,” ujarnya.

Rektor mengatakan, setiap orang yang mengenal beliau dengan baik, akan sangat merasa kehilangan.

“Selamat jalan Prof. Asep Warlan. Terimakasih atas kebaikan dan keteladanan kecendekiawanan dan kemanusiaan. Semoga bapak beristirahat damai di surga,” tutur Rektor.

Dekan FH UNPAR Dr.iur. Liona Nanang Supriatna, S.H., M.Hum pun menyampaikan dukacita mendalam atas kepergian Prof. Asep Warlan.

“FH UNPAR sangat kehilangan Prof yang baik dan humoris ini. Semoga tenang di Surga,” tutur Liona. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 15, 2022

X