Home / Berita Terkini / Gelar Pamit Listra Unpar Lepas Misi Budaya Membawa Warisan Nusantara

Gelar Pamit Listra Unpar Lepas Misi Budaya Membawa Warisan Nusantara

Menjelang tutup tahun 2019, Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkung Seni Tradisional Universitas Katolik Parahyangan (UKM Listra Unpar) mempersembahkan pentas seni tradisional bertajuk Gelar Pamit dengan tema Gemilang Nusantara. Acara diselenggarakan di Aula Pascasarjana Unpar pada Jumat (20/12).

Dalam pentas budaya tersebut, Listra menampilkan berbagai macam koreografi tarian dan aransemen musik tradisional Indonesia. Setidaknya enam tarian yang menjadi sajian malam itu, antara lain tari Rampak Kendang, tari Darangan Tanan Baupang, tari Reang Pajingkrak, tari Truna Smara Sekar, tari Ratoh Jaroe, dan tari Tarik Pukat.

Acara Gelar Pamit semakin menarik dengan penampilan Medley Nusantara. Konsep tarian yang mengusung budaya Indonesia dari Aceh hingga Papua ini selaras dengan semangat Listra Unpar untuk terus melestarikan budaya tradisional Indonesia di lingkup nasional maupun internasional. Melalui gabungan tarian dari berbagai daerah di Indonesia ini, juga memiliki makna bahwa Listra mengajak kaum muda tidak hanya menjadi penikmat budaya, namun lebih dari itu sebagai pelaku budaya tradisional agar tetap lestari dan terjaga. 

Misi Budaya Internasional

Selain sebagai sebuah pertunjukan seni tradisional, Gelar Pamit Listra Unpar secara khusus diadakan sebagai sebuah seremonial pelepasan 15 orang delegasi Listra yang akan berangkat dalam Misi Budaya ke Thailand pada tanggal 7-14 Januari 2020. Listra Unpar akan berpartisipasi dalam The 16th Thailand International Folklore Festival. Dalam festival tersebut LISTRA UNPAR akan membawakan lima tarian utama yaitu tari Ratoh Jaroe, tari Tarik Pukat, tari Nandak Ganjen, tari Merak, dan tari Reang Pajingkrak.

Kepergian delegasi LISTRA UNPAR untuk melakukan program Misi Budaya ini bukanlah kali yang pertama. Sebelumnya, unit yang bergerak dalam bidang seni tari dan musik tradisional ini pernah menyelenggarakan Misi Budaya di Filipina (2012), Turki (2013), Yunani (2014 & 2018), serta Polandia (2015).  

Seremoni pelepasan delegasi dilakukan secara simbolis lewat penyerahan bendera Indonesia, bendera Unpar, dan bendera Listra oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D beserta perwakilan Persatuan Mahasiswa Unpar kepada Albert Vicky Chandra sebagai Ketua Misi Budaya, Uni Nur Shadrina sebagai Ketua Listra, dan Seltiel Jesika sebagai Ketua Pelaksana Gelar Pamit 2019. 

Lewat penampilan penutup yaitu tarian Ratoh Jaroe dan Tarik Pukat oleh delegasi Misi Budaya, acara Gelar Pamit 2019 kali ini menjadi wujud doa dan harapan agar Listra dan Unpar dapat membawa nama baik Indonesia dan almamater di kancah internasional. (PAD/DAN)