Gelar Pamit Listra Jelang Misi Budaya

UNPAR.AC.ID, Bandung – Rengkak Igel Nusantara kiranya menjadi pengantar bagi rekan mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkung Seni Tradisional Universitas Katolik Parahyangan (UKM Listra UNPAR) jelang keberangkatan mereka membawa Misi Budaya.

Rengkak Igel Nusantara menjadi tema pertunjukan yang ditampilkan Listra UNPAR dalam Gelar Pamit pada Sabtu (15/7/2023) malam di Auditorium Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR. Gelar Pamit pun menjadi pra-event bagi Listra sebelum mereka ke Yunani nanti pada Agustus 2023 mendatang.

Gelar Pamit juga berdampingan dengan program kerja Misi Budaya sebagai pra-acara Misi Budaya. Selain menjadi wadah untuk mengenal lebih dalam kesenian budaya Nusantara, Gelar Pamit juga bertujuan untuk melepas delegasi-delegasi yang akan mengikuti Misi Budaya tahun ini.

Tahun ini, Misi Budaya Listra UNPAR 2023 akan mengikuti festival di Lefkada, Yunani yang berjudul “61st Lefkas International Folklore Festival” pada 20 – 25 Agustus 2023 dan juga “Kyparissia Sunshine International Folklore Festival” di kota Kyparissia, Yunani pada 25 – 30 Agustus 2023.

Misi Budaya merupakan program kerja Listra UNPAR berskala internasional, dimana Listra UNPAR akan mengirimkan beberapa perwakilan ke luar negeri sebagai delegasi yang akan mengikuti festival budaya internasional dengan tujuan untuk melestarikan dan mempromosikan kebudayaan Indonesia. 

Kata “rengkak igel” berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti “gerak tari”. Sehingga judul “Rengkak Igel Nusantara” memiliki arti “Gerak Tari Nusantara”. Melalui judul ini, terlihat bahwa tujuan dari acara Gelar Pamit 2023 adalah menampilkan tarian tradisional Indonesia dari berbagai macam daerah. Warna-warni tarian daerah Indonesia merupakan suatu hal yang seharusnya kita rayakan sebagai anak muda pecinta seni.

Rengkak Igel Nusantara pun menampilkan beberapa tari Nusantara di antaranya Tari Rampak Kendang; Tari Sekar Jegeg; Tari Merak Sunda; Tari Renggana; Tari Topeng Klana Cirebon Gaya Selangit; dan Tari Ratoh Jaroe.

Tari Rampak Kendang, misalnya, merupakan sajian musik dan tari tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Ditampilkan oleh banyak orang dan dilakukan secara bersama-sama dan serempak. Rampak Kendang juga merepresentasikan kehidupan masyarakat Jawa Barat yang kompak dalam kehidupan sehari-hari.

Lain halnya dengan Ratoh Jaroe. Tarian ini dibawakan dengan iringan syair religius yang dimaknai sebagai wujud semangat, jiwa pemberani, dan pantang menyerah para wanita Aceh.

Rektor UNPAR Prof. Tri Basuki Joewono pun berharap Misi Budaya yang dibawa Listra tak sekadar selebrasi budaya namun menjadi bentuk apresiasi terhadap tarian tradisional Nusantara.

Prof. Tri Basuki menuturkan, Misi Budaya Listra sejalan dengan Spiritualitas dan Nilai-Nilai Dasar UNPAR (SINDU). Tak hanya mengikuti perkembangan terkini, salah satu hal yang patut dikembangkan adalah sikap-sikap humanum dan kreativitas.

“Listra akan membawa segala usahanya, baik bagi diri sendiri, UNPAR dan Indonesia ke dunia yang lebih luas. Teman-teman Listra menunjukkan bagaimana usaha keras, berlatih dengan segala hal dan menyiapkan diri sampai nanti membawa kebudayaan Nusantara hingga ke Yunani,” tuturnya.

Misi Budaya telah menjadi program andalan Listra UNPAR selama berkarya di kancah internasional. Sebelumnya, Listra UNPAR telah menjalankan kegiatan Misi Budaya di lima negara yang berbeda, yaitu Filipina (2012&2014); Turki (2013); Yunani (2014&2018); Polandia (2015); dan Thailand (2020).

Misi budaya sebagai wujud nyata pelestarian kebudayaan Indonesia, khususnya dalam bidang tari dan musik tradisional. Juga menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia dalam kegiatan pelestarian budaya Indonesia. Seni tari dan seni musik yang dipelajari, diharapkan dapat diberikan kepada masyarakat melalui program Misi Budaya ini. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jul 25, 2023

X