Forum Kewirausahaan Jadi Wadah Berkembang Bagi UMKM

UNPAR.AC.ID, Bandung – Indonesia Entrepreneurship Forum (IEF) secara resmi membuka Expo Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) 2023 yang bertajuk “Semangat Ramadhan Kolaborasi Indonesia Entrepreneurship Forum dan Jasa Raharja Untuk Mewujudkan UMKM Naik Kelas” Jumat (10/3/2023). Expo yang didukung oleh Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKA FE) Universitas Katolik Parahyangan  (UNPAR) dan Center of Excellence of SME and Development (COE SMED) UNPAR, dibuka sebagai wadah bagi para UMKM dari berbagai sektor, seperti kuliner, craft, fashion, maupun jasa yang bertujuan untuk berkumpul dengan memamerkan, mempromosikan produk dan layanan kepada khalayak yang lebih luas. 

Selain itu, expo ini membuka peluang para UMKM untuk membuka relasi lebih luas dengan calon pelanggan, mitra, hingga investor serta menambah pengalaman dari berbagai pakar bisnis untuk mendorong pertumbuhan dan kesuksesan bisnis yang dikelola.

IEF sendiri adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 2023 oleh para inisiator dari UNPAR dengan tujuan untuk mendorong pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Organisasi ini bertujuan untuk memperkuat iklim wirausaha di Indonesia, mengembangkan keterampilan wirausaha, dan memperkenalkan model bisnis yang inovatif kepada masyarakat Indonesia.

Advisory Board IEF, Dr. Antonius Alijoyo, S.E., M.M., ERMCP, CERG, CPRM, CFE, CGEIT, CCSA, CGAP, CRMA, CFSA, QIA, CRMP, CITGP, CGOVP, CGRCP, CIRMP, CIRTP mengatakan jika IEF dimulai dari sebuah forum yang kecil.

“Tapi mudah-mudahan hal ini kita dapat diterima dan disupport oleh beberapa teman-teman yang memang memiliki skala besar seperti Jasa Raharja. Dan Jasa Raharja sudah ribuan UMKM yang dibina. Kepedulian ini akan menimbulkan juga langkah-langkah yang lebih jauh,” tutur Antonius.

Dia juga mengatakan apabila yang baru merintis suatu usaha memiliki banyak peluang untuk dapat mendukung usahanya.

“Jadi ada kualitas-kualitas yang terjaga. Itu bisa kalau kita sama-sama. Tidak ada yang tidak mungkin jika dapat menemukan angel investor. Artinya oran-orang yang ingin mengaktifkan semacam dukungan investasi. Tapi investasinya itu berdampak baik bagi lingkungan lebih sehat, sosial lebih sehat, dan itu bukan buat pengelola,” katanya.

Selain pameran, Expo UMKM juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya seperti demo masak, fashion show, juga presentasi dari perusahaan yang berkolaborasi dalam mengadakan expo yang berlangsung hingga Sabtu (11/3/2023) ini.

Adapun IEF menggaet Jasa Raharja sebagai salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki program untuk mendukung pemberdayaan UMKM sebagai wadah para UMKM di Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang. (RBF-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Di tengah perkembangan abad ke-21 yang membawa perubahan cepat dan mendasar, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menggelar Kuliah Umum Estetika bertajuk “Seni, Komunitas, dan Penghayatan Pengetahuan” pada Kamis (13/06/2024). Acara ini...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 13, 2023

X