FISIP UNPAR-Cornerstone Teken MoA, Inisiasi Career Path Tentukan Jenjang Karier Tepat Bagi Mahasiswa

UNPAR.AC.ID, Bandung  – Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan (FISIP UNPAR) meneken Memorandum of Agreement (MoA) bersama dengan Cornerstone Personal Development Center, Selasa (24/10/2023).

Penandatanganan MoA ini dihadiri oleh Dekan FISIP UNPAR, Dr. Orpha Jane dan turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Aknolt Kristian Pakpahan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Jessica Martha, S.IP., M.I.Pol., serta Ketua Program Studi Sarjana Administrasi Bisnis, Shelvi, S.AB., M.M..

Cornerstone yang diwakili oleh Catherine Yusuf, M.Psi., Psikolog memaparkan secara singkat mengenai program Cornerstone, Career Path, yang akan dilaksanakan di UNPAR. Berawal dari kekhawatiran mengenai angka pengangguran mahasiswa lulusan S1 yang tinggi, Catherine dan tim akhirnya memformulasikan tes yang diperuntukan bagi siswa dan mahasiswa untuk menentukan kepribadian, bakat, dan minat mereka.

Bagi para siswa yang hendak memilih jurusan kuliah, idealnya pemilihan ini harus berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki. Begitupun juga dengan para mahasiswa yang hendak memilih jenjang kariernya ke depan.

Menurut Catherine, jurusan yang sesuai bakat ditambah dengan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian akan menghasilkan kebahagiaan serta jalur untuk kesuksesan.

Tes ini tentunya memiliki keuntungan bagi para mahasiswa, salah satunya adalah agar mereka dapat mengembangkan kepribadian mereka.

Rencananya, program Career Path akan dilaksanakan sekitar medio November 2023 atau setelah Ujian Tengah Semester dilaksanakan. Akan ada 3 tes yang ditawarkan yaitu tes kepribadian, tes motivasi, dan tes gaya belajar yang akan dilaksanakan secara bertahap.

Tes kepribadian yang pertama akan diwajibkan untuk mahasiswa baru FISIP angkatan 2023 dari 3 program studi (prodi) yaitu Prodi Administrasi Bisnis, Prodi Administrasi Publik, dan Prodi Hubungan Internasional dengan sekitar 500 mahasiswa.

Para dosen berharap bahwa tes ini dapat memberikan pandangan baru bagi para dosen dalam melakukan kegiatan pembelajaran maupun kegiatan lainnya untuk dapat disesuaikan dengan kepribadian para mahasiswanya, dengan tujuan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. (SYA-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengadakan acara pelepasan bagi 12 tenaga kependidikan (tendik) purnabakti, pada Rabu (15/5/2024) di Operation Room Gedung Rektorat. Pelepasan purnabakti tersebut diadakan UNPAR sebagai bentuk penghargaan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Oct 25, 2023

X