FH Mengajar: Berbagi Pengetahun Bagi Generasi Alpha

UNPAR.AC.ID, Bandung – Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH UNPAR) melalui Divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) mengadakan program kerja FH Mengajar yang menyasar siswa di SDN Barutunggul 03 dan SMPN 1 Rancabali, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang telah berlangsung pada 26-27 Mei 2023 itu menjadi bentuk kegiatan penyuluhan yang tak hanya menyasar para siswa, melainkan para orang tua siswa pula. FH Mengajar 2023 mengusung tema “Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Generasi Alpha Demi Terwujudnya Generasi Emas”.

Sebagaimana mengutip keterangan tertulis dari tim FH Mengajar, Selasa (20/6/2023), hari pertama kegiatan yaitu pada Jumat (26/5/2023), antusiasme siswa SMPN 1 Rancabali terhadap materi yang disampaikan sangat besar. Mereka juga berperan aktif pada saat sesi tanya jawab yang dilakukan.

Adapun tema yang diangkat untuk siswa SMP ialah “Edukasi Preventif dalam Pernikahan Dini untuk Remaja” yang disampaikan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Setelah materi untuk anak SMP disampaikan, KPAI sebagai narasumber memberikan materi kepada orang tua dengan tema “Peran Orang Tua dalam Mendidik Generasi Alpha”. 

Baik siswa maupun orang tua SMPN 1 Rancabali mengikuti serangkaian acara yang telah disiapkan oleh panitia. Mulai dari berbagai macam permainan hingga pembagian hadiah menarik. Hal itu agar siswa maupun orang tua yang datang tidak hanya mendapatkan ilmu yang bermanfaat, melainkan juga hiburan dari berbagai acara yang diselenggarakan oleh FH Mengajar 2023.

Keesokan harinya, Sabtu (27/5/2023) kegiatan FH Mengajar 2023 pun masih berlanjut. Kali ini, tim Pengmas HMPSIH yang terlibat langsung memberikan penyuluhan tentang nilai-nilai etika untuk siswa SDN Barutunggul 03 dengan tema yang diangkat yakni “Mengembangkan Kepribadian yang Bermoral untuk Anak-Anak di Masa Pra Remaja”.

“Respons dari anak-anak SD sangat meriah mendengar pemaparan materi dari panitia, mereka sangat antusias hingga pemaparan materi berjalan dengan lancar,” demikian dikutip dalam keterangan lebih lanjut.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya FH Mengajar 2023 ini pada intinya ingin memberikan wawasan serta pengetahuan baik kepada siswa SD, SMP bahkan orang tua betapa pentingnya pendidikan moral dan bahaya dari pernikahan dini. Lebih dari, diharapkan dengan penyuluhan ini orang tua dapat mengantisipasi serta meminimalisir agar anaknya terhindar dari perbuatan tersebut. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengadakan acara pelepasan bagi 12 tenaga kependidikan (tendik) purnabakti, pada Rabu (15/5/2024) di Operation Room Gedung Rektorat. Pelepasan purnabakti tersebut diadakan UNPAR sebagai bentuk penghargaan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 20, 2023

X