Home / Berita Terkini / Fasilitas dan Kemudahan Akses di Perpustakaan Unpar

Fasilitas dan Kemudahan Akses di Perpustakaan Unpar

Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan kegiatan Pengenalan Perpustakaan, pada Jumat (14/9). Pengenalan ini difokuskan pada penggunaan laman resmi Perpustakaan Unpar. Melalui laman tersebut, pengunjung dapat meliaht berita kegiatan yang sudah dilakukan, akan dilakukan, keluarnya buku-buku baru yang diperbaharui setiap satu bulan sekali, dan koleksi digital apa saja yang dimiliki Perpustakaan Unpar.

Pada bagian profil laman Perpustakaan, dapat dilihat berbagai informasi seperti sejarah, visi-misi,  struktur organisasi, dan lokasi perpustakaan Unpar yang tidak hanya berada di gedung 9 lantai 2 dan 3 Unpar. Layanan Perpustakaan Unpar tersedia juga di Fakultas Filsafat (Jalan Nias), Pascasarjana Unpar (Jalan Merdeka), serta di Fakultas Hukum (Kampus Ciumbuleuit). Berbeda dengan perpustakaan Unpar di tempat lainnya, di Fakultas Hukum dan di Fakultas Filsafat. buku-bukunya tidak dapat dipinjam. Jika dibutuhkan, buku dapat difotokopi.

Layanan yang dimiliki Perpustakaan Unpar, yakni e-book yang dibeli oleh Unpar yang terdiri dari Wiley, Springer, dan Sage. Selain itu, Unpar juga berlangganan e-journal, yakni Proquest dan Emerald yang juga dapat diakses oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses hasil-hasil skripsi yang ada di Perpustakaan Unpar.

Online Public Access Catalogue (OPAC) merupakan alat untuk mencari koleksi di Perpustakaan Unpar yang dapat diakses di perpustakaan, kampus, maupun dari rumah melalui laman library.unpar.ac.id. Mahasiswa dapat meminjam buku di perpustakaan melalui layanan OPAC secara mudah. Untuk meminjam buku-buku di perpustakaan, mahasiswa S1 hanya diperbolehkan meminjam buku sebanyak 3 eksemplar, sedangkan mahasiswa S2 dan S3 hanya boleh meminjam hingga 6 eksemplar. Keterlambatan dikenakan denda dalam berbagai varian, 500 rupiah, 1000 rupiah, hingga 2000 rupiah per hari.

Adapun, fungsi dasar dari OPAC adalah melakukan pencarian tulisan-tulisan melalui kata kunci (dengan menentukan jenisnya dulu seperti skripsi, buku, jurnal, atau tulisan lainnya); membaca lampiran berkas skripsi, dengan cara login dari akun Unpar namun hanya dibaca saja tidak dapat diunduh; dan terakhir adalah untuk melihat riwayat buku-buku apa saja yang sudah dan sedang dipinjam. Juga, tersedia informasi mengenai rincian denda peminjaman buku jika ada.

Perpustakaan di Unpar menyediakan kemudahan serta fasilitas bagi para mahasiswanya untuk mengakses buku-buku, jurnal, skripsi, atau pun tulisan-tulisan akademik dan ilmu pengetahuan lainnya. Melalui kemudahan dan fasilitas yang ada, diharapkan para mahasiswa dapat memanfaatkannya dengan baik untuk digunakan dalam mengerjakan tugas-tugas, skripsi, maupun keperluan akademik lainnya.