Home / Berita Terkini / Fadlan dan Yessy Borong Emas untuk Jawa Barat
Fadlan dan Yessy Borong Emas untuk Jawa Barat

Fadlan dan Yessy Borong Emas untuk Jawa Barat

Kabar gembira datang dari cabang olahraga renang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 yang berlangsung di kolam renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada 16 September 2016 lalu. Aflah Fadlan Prawira mahasiswa Ilmu Administrasi Publik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Ia berhasil meraih emas saat turun di nomor 800 meter gaya bebas putra.

Fadlan menjadi wakil provinsi Jawa Barat pada perhelatan akbar olahraga nasional tersebut. Ia melaju cepat meninggalkan lawan-lawannya dari provinsi lain dan tidak terkejar. Dalam kesempatan itu ia secara konsisten menjadi yang terdepan sejak awal pertandingan.

Dalam PON XIX 2016, Fadlan mengikuti lima nomor pertandingan. Di hari sebelumnya Fadlan juga telah meraih emas pada nomor 1500 gaya bebas putra, 400 meter gaya bebas putra, estafet beregu, serta perunggu pada nomor 200 meter gaya ganti putra perseorangan. Fadlan juga meraih emas pada cabang renang perairan terbuka (open water) nomor 10.000 meter dengan catatan waktu 2 jam, 14 menit, dan 16.9 detik yang diselenggarakan di Pantai Tirtamaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu pada 26 September 2016.

Yessy Venisia Yosaputra, mahasiswi Akuntansi Unpar yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2016 – Rio De Jenairo lalu juga meraih medali emas pada PON kali ini di nomor 200 meter gaya punggung. Yessy yang juga mewakili provinsi Jawa Barat meraih prestasi yang sama dengan Fadlan pada cabang renang perairan terbuka. Prestasi ini sungguh membanggakan, semoga kedepannya keduanya dapat meraih prestasi lainnya baik di level nasional maupun internasional.