Home / Berita Terkini / Bangun Budaya Akademik Lewat Economics Student Conference
Economics Student Conference

Bangun Budaya Akademik Lewat Economics Student Conference

Economics Student Conference (ESC) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Tujuannya, untuk membangun budaya akademik di lingkungan Prodi Ekonomi Pembangunan. Kegiatan ini menjadi bagian dari praktik pembelajaran yang harus ditempuh mahasiswa. Mahasiswa didorong untuk mengalami proses pembelajaran secara langsung serta mempresentasikan dan mempertahankan argumen di dalam forum yang tidak terbatas di lingkungan kelas.

Tema yang diangkat pada setiap konferensi beragam, seperti tema mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan sejumlah topik diantaranya, pengembangan infrastruktur, sektor maritim, pertanian, transportasi serta energi. Ada pula tema tentang Isu Kebijakan dan Ekonomi Indonesia yang menjadi tema ESC tahun 2017.

Latar belakang

Untuk pertama kalinya, ESC diadakan pada tahun akademik 2013/2014. Kegiatan ini dilatarbelakangi akan pentingnya peningkatan mutu evaluasi pembelajaran di Prodi Ekonomi Pembangunan dan perlunya mahasiswa mengalami proses nyata dalam diseminasi langsung karya ilmiah mereka masing-masing.

ESC menjadi kegiatan pertemuan ilmiah bagi mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan untuk mendiskusikan penelitian di bidang ekonomi yang telah dan/atau tengah mereka lakukan. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa mempresentasikan penelitiannya di forum terbuka, di hadapan para discussant dan mahasiswa lain baik dari kelasnya maupun di luar kelasnya. Adapun, penilaian karya tulis didasarkan atas berbagai aspek, seperti pemahaman penulis, sistematika analisis, kualitas argumen, dan penyajian lisan dalam bentuk presentasi dan diskusi.

Selain itu, ESC menjadi ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan umpan balik atas makalah yang ditulis dan disajikan dalam forum terbuka. Hal ini pun menjadi bagian dari upaya peningkatan mutu evaluasi pembelajaran di Program Studi Ekonomi Pembangunan Unpar.

ESC 2017: Isu Kebijakan dan Ekonomi Indonesia

Pada pertengahan 2017 lalu, Economics Student Conference mengangkat tema “Isu Kebijakan dan Ekonomi Indonesia”. Tidak hanya berfokus pada perkembangan perekonomian dalam lingkup nasional, makalah yang diikutsertakan juga melihat berbagai isu pembangunan dari sisi multilateral dan regional.

Sebanyak 69 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2011 sampai dengan 2015, turut berpartisipasi pada konferensi tersebut. Peserta melakukan penelitian dan membuat karya tulis baik dalam kelompok maupun secara individual.

Adapun, isu yang diangkat dalam kerangka tema konferensi sangat beragam. Misalnya, makalah berjudul “Hubungan antara Pertumbuhan Ekonomi dan Asuransi” atau “Analisis Nilai Kerugian Ekonomi Pencemaran Sungai oleh Limbah Industri Penyamakan Kulit” yang ditulis oleh seorang mahasiswa dalam penelitian lapangan di Sukaregang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sebagai bentuk apresiasi, pada penutupan konferensi diumumkan tiga makalah terbaik. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi penulis lain untuk meningkatkan kualitas artikelnya yang dapat dikembangkan di kemudian hari. Artikel-artikel yang sudah dipresentasikan selama kegiatan ESC didokumentasikan dalam bentuk proceedings yang tersedia di Perpustakaan Unpar.

Melalui kegiatan ESC, diharapkan kualitas dan kompetensi mahasiswa dalam penguasaan bidang ekonomi dapat mengalami peningkatan, begitu pula dengan kompetensi keterampilan untuk merumuskan, menulis, dan mempresentasikan hasil kajian ilmiah terbuka.