Home / Berita Terkini / Economics Student Conference 2018

Economics Student Conference 2018

Menjadi sarjana berarti juga menjadi cendekiawan yang mampu menggunakan keilmuannya melalui kajian teoretis dan praktikal untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan memublikasikan karya ilmiah mengenai penelitian tentang hal-hal di sekitar kita, baik untuk menjelaskan apa dan bagaimana kejadian tersebut terjadi ataupun mencari solusi yang inovatif dan tepat.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mempersiapkan para lulusannya untuk menjadi akademisi yang cakap dengan mengadakan Economics Student Conference 2018.  

Tujuan diadakannya acara ini adalah melatih mahasiswa untuk mengolah data dan mempresentasikan makalah ilmiah mereka dengan atmosfir konferensi internasional. Mahasiswa ekonomi pembangunan diberikan kesempatan untuk meneliti berbagai macam topik dan mempresentasikannya di hadapan teman-teman mahasiswa dalam mode sidang terbuka.

Acara ini juga turut diramaikan dengan hadirnya perwakilan Kementerian Keuangan RI Evy Mulyani PhD. Beliau mempresentasikan perkembangan ekonomi makro secara umum. Evy menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi sekarang dipengaruhi faktor domestik maupun internasional. “Perang dagangnya Amerika dengan Tiongkok memang memiliki dampak besar dalam perspektif internasional bagi ekonomi kita juga,” ungkapnya. Ia mengingatkan agar mahasiswa ekonomi lebih teliti menganalisis agar memberikan masukan kebijakan yang tepat bagi pemerintah maupun masyarakat.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan presentasi makalah dari para mahasiswa yang berlangsung hingga Jumat (14/12). Di kesempatan ini, konferensi dibagi ke dalam panel-panel kecil dengan tema serupa. Mahasiswa mempresentasikan hasil temuan mereka yang disambut dengan masukan-masukan dari panel dosen.