Dua Tim Mahasiswa Akuntansi UNPAR Raih Juara di Ajang Padjadjaran Accounting Week 2021

Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dalam ajang The 16th Padjadjaran Accounting Week (PAW) 2021 yang berlangsung pada 1-4 November 2021 lalu. Dua tim dari Program Studi Akuntansi UNPAR berhasil meraih peringkat 3 dan 4 dalam kompetisi antar Universitas berskala nasional itu.

PAW 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran terdiri dari tiga rangkaian acara utama, yaitu International Seminar, National Competition, dan Paper CompetitionNational Competition ditujukan sebagai sarana untuk menguji kompetensi dan wawasan akuntansi serta isu-isu perekonomian global bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi se-Indonesia.

Sistem perlombaan terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, Preliminary Round. Tahapan ini merupakan tahapan seleksi pertama untuk dapat mengikuti rangkaian utama National Competition. Tahap ini dilakukan pada 4 Oktober 2021 secara online oleh 19 tim yang berasal dari berbagai universitas berskala nasional di Indonesia. Kedua, Main Round yang dilaksanakan pada 1-4 November 2021 terdiri dari Elimination Round, Semifinal Round (terbagi menjadi dua sesi) dan Final Round.

Kedua tim UNPAR adalah Tim 1 – Pecinta Uang yang terdiri dari Lulu Carissa Soegiharto; Grace Marcella; dan Brigitta Lilian Alika. Sementara Tim 2 – Valkyrie yaitu Elizabeth Phoebe Hartono, Gisella Fernanda, dan Ivanka Nathania.

Pada babak Elimination, kedua tim mampu memperoleh skor akumulasi yang menempatkan kedua tim di posisi 5 teratas – mengamankan posisinya untuk masuk ke babak semifinal. Pada babak final, kedua tim berhadapan langsung dengan tim dari Universitas Indonesia, Trisakti School of Management dan Universitas Airlangga. Seluruh tim di babak final para peserta ditugaskan untuk menganalisa kasus berupa persoalan atau isu dan membuat presentasinya dalam waktu yang sangat singkat. Kemudian hasil analisis atas kasus tersebut pun dipresentasikan di depan dewan juri dan panitia. Seluruh tim harus mampu mempertanggungjawabkan hasil analisanya melalui sesi tanya jawab dengan para juri.

Bekal pengetahuan dan dorongan dari semua pihak, serta semangat pantang menyerah yang dimiliki kedua tim, telah membawa tim UNPAR berhasil memperoleh juara pada perlombaan ini. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)