Home / Berita Terkini / Dua Orang Dosen Teknik Kimia Unpar Raih Gelar Doktor

Dua Orang Dosen Teknik Kimia Unpar Raih Gelar Doktor

Kabar gembira datang dari Program Studi Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), yang mana dua orang dosennya berhasil menyelesaikan studi doktoral di University of Groningen (RUG), Belanda dengan sidang terbuka dilaksanakan pada Desember 2017 lalu.

Pada 8 Desember 2017, Dr. Jenny N. M. Soetedjo mempertahankan disertasinya yang berjudul “Biobased Furanics from Sugars” dalam sidang terbuka di University of Groningen (RUG), Belanda. Sidang terbuka ini merupakan buah manis dari perjalanan panjang Dr. Jenny selama menempuh pendidikan doktoral di Jurusan Teknik Kimia, University of Groningen, Belanda, sejak tahun 2009. Dr. Jenny melakukan penelitian di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H J Heeress, berfokus pada studi pembuatan bahan kimia antara dari biomassa, secara khusus senyawa furan (furfural dan 5-HMF). Dalam disertasinya, Dr. Jenny meneliti pengaruh berbagai kondisi operasi, bahan baku gula, dan penggunaan katalis, terhadap produksi furan. Penelitian yang telah dilakukan ini berhasil dipublikasikan pada berbagai jurnal internasional bereputasi (Q1), di antaranya Industrial & Engineering Chemistry Research, ACS Sustainable Chem. Eng., Topics in Catalysis, dan ChemSusChem.

Dr. Jenny N M Soetedjo (kedua dari kanan) bersama rekan-rekan di RUG. (Sumber: tk.unpar.ac.id)

Menyusul 2 minggu kemudian, Dr. Angela J Kumalaputri, mempertahankan disertasinya yang berjudul “Valorization of bio-based alcohols using catalytic technology”. Menempuh pendidikan doktoral sejak tahun 2012,  Dr. Angela melakukan penelitian pemanfaatan alkohol yang berasal dari biomassa, seperti gliserol dan hydroxymethylfurfural (HMF), dengan promotor Prof. Dr. Ir. H. J. Heeres, Prof. K. Barta, dan co-promotor Dr. P. J. Deuss. Dalam disertasinya, Dr. Angela mengkonversi gliserol menjadi green gas, dan HMF menjadi bahan baku plastik dengan keterbaharuan pada pengembangan proses katalisis serta optimasi kondisi operasi untuk dapat menghasilkan produk yang diinginkan dengan perolehan yang tinggi. Hasil penelitiannya dipublikasikan pada berbagai jurnal internasional bereputasi, antara lain ACS Sustainable Chem. Eng. dan ChemSusChem, serta berbagai konferensi di tingkat internasional.

Selamat atas kelulusan yang telah diraih, semoga ilmu yang diperoleh menjadi bekal berharga memajukan Unpar, secara khusus, dan Indonesia secara umum.