Home / Berita Terkini / Delegasi Administrasi Publik Unpar Raih Juara 2 Lomba Esai Administration Fair 2020

Delegasi Administrasi Publik Unpar Raih Juara 2 Lomba Esai Administration Fair 2020

Dalam kegiatan Administration Fair 2020 Humanis yang diselenggarakan oleh FISIP Unhas pada 18 April 2020, perwakilan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dari Program Studi Ilmu Administrasi Publik berhasil meraih juara 2 lomba esai. Prestasi ini diraih setelah berkompetisi bersama perwakilan mahasiswa program studi ilmu administrasi publik seluruh Indonesia, di mana dalam kompetisi ini setiap perwakilan dari berbagai universitas mengirimkan karya esainya dan kemudian disaring menjadi 15 esai terbaik. Hasil dari 15 esai terbaik ini kemudian diseleksi lagi hingga memperoleh hasil kejuaraan.

Tim yang terdiri dari Viky Aldin Hulu (2018), Nandy Junianto (2018), dan Hasbi Rohmansyah (2019) ini membawakan karya ilmiah mereka dengan tajuk ”Throw-Outs: Pendayagunaan Peran Pemuda Melalui Inovasi Digital dalam Mengatasi Permasalahan Sampah di Kota Bandung Menggunakan Konsep New Public Service.” Penelitian ini selaras dengan tema kegiatan tersebut, yakni “New Public Service: Peran Pemuda dalam Mendukung Digital Citizenship di Indonesia”

Satu bulan persiapan matang dibawah bimbingan dosen administrasi publik Unpar Trisno Sakti Herwanto, S.IP, MPA. dilakukan dengan tim, mulai dari diskusi untuk memilih subtema yang akan diangkat sampai studi lapangan. “Kami hampir tidak memiliki kendala dalam menyelesaikan esai ini. Kami semua melakukan pekerjaan dengan tekun dan saling menyemangati satu sama lain.” ungkap Viky.

Kegiatan Administration Fair 2020 sempat terkendala pelaksanaannya disebabkan oleh pandemi COVID-19 sehingga delegasi dari setiap kampus tidak dapat secara langsung ke UNHAS Makassar untuk mengikuti perlombaan. “Kami sempat berpikir kalau kegiatan ini akan dibatalkan mengingat kondisi wabah COVID-19 yang semakin menyebar. Tapi syukur, berkat teknologi dengan memanfaatkan aplikasi Zoom, kami dapat mengikuti lomba secara daring.”  ungkap Nandy.

“Kegiatan ini meninggalkan kesan tersendiri bagi kami. Terkhusus saya yang masih semester dua merasa sangat senang bisa berkontribusi menjadi bagian dari perwakilan Unpar dalam kompetisi tingkat nasional. Awalnya saya ragu kami bisa menang jika melihat kompetitor dari kampus-kampus terbaik di Indonesia.“ tutur Hasbi.

Keikutsertaan mereka dalam kegiatan Administration Fair sebagai forum ilmiah dan ruang belajar serta diskusi mahasiswa administrasi publik seluruh Indonesia ini memberikan pelajaran dan pengalaman baru yang berharga. Mereka berpesan bahwa sebagai mahasiswa kita harus  berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan seperti ini apalagi mahasiswa adalah agent of change. Mereka juga mengajak seluruh mahasiswa Unpar lainnya untuk berkarya dan melihat setiap peluang dalam mengembangkan diri serta untuk mengharumkan nama baik almamater. (/DAN – Divisi Publikasi)