Home / Berita Terkini / Coffeeing Our Future Menutup Kaukus Dosen Muda

Coffeeing Our Future Menutup Kaukus Dosen Muda

Pada Rabu (16/1), di Aula Unpar Jalan Merdeka No. 30 Bandung diselenggarakan acara dengan judul “Coffeeing Our Future.“ Kegiatan ini pertama kali diadakan di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Acara yang dikhususkan untuk menutup rangkaian kegiatan satu tahun perjalanan para dosen muda dalam Kaukus Dosen Muda ini bukanlah suatu kebetulan.

Para dosen muda berjalan bersama dengan kesadaran bahwa Unpar di masa depan akan menyaksikan jejak-jejak para dosen muda baik sebagai pribadi maupun kelompok yang sungguh mengesankan. Semangat inovatif dalam merencanakan dan suka-duka dalam mewujudkan proyek di kelompok masing-masing selama ini akan tetap dibawa di tahun-tahun mendatang. Tidak ada kata berhenti karena masa depan Unpar sangat tergantung pada passion atau kecintaan kita yang melangkah di garda depan universitas ini.

Mengapa Coffeeing Our Future? Karena spirit yang menghidupkan antusiasme para dosen muda yang diinisiasi sejumlah dosen pendamping dalam membentuk masa depan Unpar adalah seperti keharuman aroma kopi yang sedang diseduh. Membangunkan kesadaran, menyiapkan seluruh diri para dosen Unpar. Tema ini dipilih untuk melukiskan pertemuan penutup Kaukus Dosen Muda yang dikemas dengan sangat berbeda. Acara ini adalah sebuah spasi bagi para dosen muda untuk ‘membaca’ perjalanan selama setahun ini, serta  berbagi kecintaan dan spirit bersama tentang masa depan Unpar.

Acara dimulai dengan Coffee Lab, yang menjadi kesempatan bagi tiap kelompok untuk menyeduh kopi dengan biji kopi serta peralatan yang disediakan. Di dalamnya ada sesi cupping untuk menilai dan menentukan tiga kelompok yang pantas mendapatkan hadiah. Rangkaian acara selanjutnya adalah Presentasi Proyek, yakni waktu bagi masing-masing kelompok dalam waktu 10 menit, untuk memaparkan hasil karya kelompoknya.

Kemudian dilakukan sebuah dinamika kelompok yang diberi judul Lectio, yang berarti ‘pembacaan’, adalah saat untuk masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil yang berbeda. Para dosen muda akan membaca kembali seluruh proses perjalanan Kaukus Dosen Muda Unpar. Sesi ini menjadi puncak dalam rangkaian kegiatan setahun karena pembacaan ini menjelaskan harapan dan refleksi perjalanan para dosen muda.

Harapan dan pengalaman sungguh memberikan keyakinan bahwa masa depan Unpar akan semakin baik karena didukung orang-orang muda yang memiliki semangat, pengharapan, keyakinan, usaha, dan kemampuan. Dan akhirnya acara diakhiri dengan Outlook, yang membuka pandangan para dosen muda bersama ke arah masa depan Unpar yang akan dibangun bersama dengan keharuman spirit dan kecintaan yang baru.

Kehadiran dan keterlibatan para dosen muda dalam Kaukus Dosen Muda merupakan pengalaman yang membanggakan. Perjalanan yang berbeda dari proses selama ini yang ada di Unpar telah ditutup dengan pengalaman baru yang berbeda. Semoga pengalaman ini menyegarkan pengharapan untuk menjaga ‘militansi’ dan ‘passion’ agar masa depan Unpar menyaksikan jejak-jejak para dosen muda ini.