Home / Berita Terkini / Charity 2019: “Satu Langkah untuk Sejuta Impian”

Charity 2019: “Satu Langkah untuk Sejuta Impian”

Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HMPSA) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan kegiatan tahunan pengabdian kepada masyarakat “Charity 2019.” Dengan mengangkat tema “Satu Langkah untuk Sejuta Impian”, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membantu menumbuhkan semangat warga desa untuk bermimpi melalui kontribusi langsung di desa. Kegiatan ini diselenggarakan pada 15-17 Februari 2019 di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Charity 2019 melibatkan sekitar delapan puluh partisipan yang terdiri dari mahasiswa akuntansi angkatan 2016 hingga 2018. Acara terdiri dari kegiatan mengajar anak-anak, pemeriksaan gigi gratis untuk warga, pengecatan lapangan voli dan perpustakaan, membagi sikat gigi gratis, dan sosialisasi tentang pengolahan sampah, pembukuan dan hal lain yang berhubungan dengan akuntansi kepada warga desa.

Ada beberapa perbedaan pada kegiatan Charity 2019 ini, seperti misalnya adanya hubungan kerja sama dengan universitas lain, yaitu Universitas Kristen Maranatha dalam menyelenggarakan kegiatan periksa gigi gratis, dan mengundang pembicara mengenai pengolahan sampah.

Peserta kegiatan, khususnya anak-anak di desa, sangat antusias menanggapi kegiatan Charity 2019. Di sisi lain, tinggal bersama dan berinteraksi dengan warga selama kegiatan berlangsung menjadi pengalaman menarik bagi volunteer kegiatan. Bagi warga desa dan mahasiswa, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memberikan banyak pembelajaran baru.

“Melalui Charity 2019, diharapkan adanya keberlanjutan untuk mengolah potensi desa dan menjadikan Desa Lamajang sebagai desa binaan,” tutur Stephanie Melissa ketua pelaksana Charity 2019.

“Diharapkan juga untuk kegiatan selanjutnya agar dapat memperluas relasi dan jaringan kerja sama dengan pembicara dan universitas lain, dan jangkauan peserta kegiatan di luar jurusan akuntansi,” tambahnya.