Bersih Perilaku, Bersih Lingkunganku

Ada, tiada guna.
Tiada guna, lantas dicampakkan.
Terabaikan.
Tiba – tiba menjadi keresahan.
Sampah.
Salah siapa?

Sepenggal puisi tersurat, sampah. Isu yang melekat dengan perilaku manusia terhadap lingkungan; demikian isu kebersihan lingkungan turut digalakkan kembali di Universitas Katolik Parahyangan.

Gerakan Kampus Bersih (GKB) merupakan salah satu upaya yang diinisiasi oleh satuan Kebersihan, Keamanan, dan Ketertiban yang berada di bawah naungan Biro Sarana dan Prasarana (K3─BSP).

Pada mulanya, GKB merupakan program Jumat Bersih yang rutin dilakukan oleh para petugas keamanan di Unpar. Bapak Dadan A. Setiawan, selaku Kepala Satuan Keamanan Unpar sekaligus inisiator GKB mengaku bahwa gerakan ini mendapat dukungan penuh dari Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Sumber Daya, Ibu Dr. Orpha Jane.

Kini, gerakan yang rutin dilakukan setiap hari Jumat pukul 07.30 hingga pukul 10.00 pagi tersebut baru melibatkan 35 personel dari Satuan K3. Untuk kedepan, Satuan K3 akan bekerjasama dengan para dosen dan Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) untuk bersama-sama membangun kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Bapak Adam Suheri, selaku Kepala Bagian Tata Usaha BSP ikut menanggapi bahwa kebersihan lingkungan perlu melibatkan masyarakat Unpar karena sampah yang berserakan adalah efek dari perilaku masyarakat Unpar, baik itu mahasiswa, dosen, karyawan, maupun para petugas kebersihan.

Kini, GKB masih berada di tahap pengumpulan sampah. Kedepan, Unpar akan melakukan proses pemilahan dan pengolahan sampah yang dapat dikelola dan menghasilkan nilai ekonomi. Menurut pendapat Bapak Adam Suheri, proses pengolahan sampah guna mendapatkan manfaat ekonomi memang belum bisa dilaksanakan di lingkungan Unpar karena faktor keterbatasan lahan, sumber daya manusia, dan segi pembiayaan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Unpar tidak hanya bersih secara lingkungan maupun perilaku, tetapi Unpar akan mampu mendapat manfaat ekonomi dari pengolahan sampah yang ada.

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Dec 1, 2015

X