Beri Kuliah Umum di UNPAR, Menko Airlangga Update Kondisi Ekonomi Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung – Setelah tiga tahun Pemerintah dan masyarakat Indonesia berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, akhirnya Presiden RI Joko Widodo memutuskan bahwa sejak 21 Juni 2023 status pandemi dicabut dan Indonesia kemudian beranjak memasuki masa endemi.

Hal tersebut menjadi salah satu topik yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan kuliah umum dan sekaligus berbagi capaian program strategis nasional di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) di Bandung, Jumat (23/6/2023).

Kuliah umum yang juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari 15 universitas se-Bandung Raya tersebut, Menko Airlangga menyampaikan bahwa UNPAR menjadi Universitas pertama yang dikunjungi pihaknya usai pandemi berakhir.

“UNPAR adalah Universitas pertama yang saya kunjungi setelah pandemi berakhir dan berlanjut ke endemi. Indonesia masuk dalam peringkat dua negara di dunia yang berhasil dalam menangani pandemi Covid-19,” ujar Menko Airlangga, sebagaimana dikutip dalam siaran resmi Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kemenko Perekonomian, Senin (26/6/2023).

Dalam kuliah umum Proyek Strategis Nasional (PSN) Goes to Campus tersebut, Menko Airlangga mengatakan sangat termotivasi untuk membahas tentang update perekonomian Indonesia, termasuk tentang PSN di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir.

“Dalam 20 tahun ke depan kalian yang akan menjadi pemimpin negeri ini. Kami memfasilitasi saja,” ucap Menko.

Selanjutnya, Menko Airlangga juga menjelaskan bahwa Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi seoptimal mungkin agar mampu keluar dari middle income trap. Tujuan akhirnya yakni menempatkan Indonesia di lima besar negara dengan PDB terbesar di dunia, sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045.

“Indonesia perlu memiliki pendapatan per kapita sebesar USD12,000-USD13,000 di tahun 2035 mendatang. Kesempatan bonus demografi hanya datang sekali dalam satu peradaban sebuah negara, makanya harus kita manfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Kegiatan PSN Goes to Campus yang diadakan oleh Kemenko Perekonomian tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Sewindu PSN yang telah digelar sejak dua bulan yang lalu. Berbagai proyek dan program strategis nasional telah disusun secara komprehensif oleh Pemerintah guna mendukung kebijakan transformasi ekonomi nasional melalui pembangunan beragam infrastruktur.

Dari total 222 proyek/program, sebanyak 156 PSN telah berhasil dioperasikan dalam 8 tahun terakhir dengan investasi mencapai Rp 1.080,2 triliun. Di wilayah Jawa Barat sendiri terdapat sejumlah PSN dengan nilai Rp 392,45 triliun yakni di wilayah Jawa Barat Selatan dan Rebana yang diarahkan untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi Provinsi Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan Sewindu PSN ini akan dilanjutkan dengan pelaksanaan PSN Edutainment Expo yang terbuka untuk umum, international conference dengan tema Sustainable Infrastructure Towards Indonesia Emas 2045, dan Investment Business Forum yang akan mengundang investor dari dalam dan luar negeri untuk melihat secara langsung PSN di Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Anggota DPR RI, Gubernur Jawa Barat, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam Kemenko Perekonomian, Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kemenko Perekonomian, serta Rektor UNPAR beserta seluruh jajaran.

Sementara itu, Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D menyampaikan apresiasinya atas  penyelenggaraan PSN Goes to Campus yang berlangsung di UNPAR. Rektor menuturkan, giat ini menjadi penting untuk memastikan seluruh program pembangunan strategis nasional berlangsung dengan sangat baik.

Generasi muda Indonesia, lanjut Rektor, memang menjadi generasi yang akan menjamin pengembangan dan pembangunan bangsa ini. Lewat program nasional yang akan disampaikan oleh Menko Airlangga, mahasiswa akan mendengar dan menyimak bagaimana pemerintah mencanangkan dan menegaskan program pembangunan nasional khususnya dalam pengembangan infrastruktur Indonesia.

“Ini menjadi pembelajaran yang sangat penting untuk perguruan tinggi dan tentu juga kami sangat berharap dari lingkungan perguruan tinggi sungguh-sungguh bisa dilibatkan, bisa mengambil bagian dalam program pengembangan pembangunan strategis nasional ini. Semoga melalui PSN Goes to Campus ini bisa mendapatkan pengetahuan, arahan, dan sekaligus memberikan dukungan bagi pengembangan nasional,” tutur Rektor. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 26, 2023

X