Berbagi Pengalaman Ramadan, UNPAR Gelar Buka Bersama dengan Mahasiswa KNB

UNPAR.AC.ID, Bandung – Kantor Internasional dan Kerjasama Universitas Katolik Parahyangan (KIK UNPAR) bersama para mahasiswa peraih beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Angkatan 2019 dan 2021 mengadakan acara Buka Puasa Bersama di bulan Ramadan ini, pada Jumat (22/4/2022) lalu. Momen buka puasa bersama ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi karena para mahasiswa KNB menjadi bagian dari sivitas akademika UNPAR.

Sekadar informasi, UNPAR dipercaya menjadi 1 dari 23 Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PTDN) terbaik di Indonesia sebagai tujuan bagi mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan melalui jalur beasiswa internasional. Tahun 2021 lalu, UNPAR menerima 9 mahasiswa peraih beasiswa KNB. Mereka berasal dari Afghanistan, Rwanda, Uganda, Tanzania, Burundi, dan Timor Leste.

Kepala KIK UNPAR Sylvia Yazid, Ph.D. menuturkan bahwa, acara buka puasa bersama menjadi sarana interaksi positif antara UNPAR dengan mahasiswa KNB. Acara ini pun merupakan bagian dari pertemuan bulanan UNPAR dengan mahasiswa KNB untuk memantau perkembangan belajar mahasiswa KNB.

“Dalam acara ini dilakukan juga sesi sharing pengalaman untuk menceritakan pengalaman-pengalaman mahasiswa KNB selama sebulan terakhir. Mengingat semangat Ramadan yang begitu tinggi, UNPAR dan mahasiswa KNB juga melakukan diskusi kebudayaan,” tuturnya, dalam keterangan tertulis yang dikutip, Selasa (26/4/2022).

Dalam acara tersebut, Hafiz, salah seorang mahasiswa KNB yang berasal dari Afghanistan menceritakan pengalamannya selama Ramadan di negara asalnya. Mulai dari rentang waktu puasa yang lebih lama hingga kebiasaan masyarakat Afghanistan untuk membagikan makanan kepada orang yang kurang mampu. Sedangkan UNPAR diwakilkan oleh salah seorang Buddies, yaitu Alya menceritakan kegiatan yang terjadi di Indonesia selama Ramadan, yaitu takjil sebagai pembuka ketika buka puasa hingga kebiasaan melaksanakan acara buka bersama bersama kerabat ataupun teman. 

Selain itu untuk memeriahkan suasana acara sekaligus memperlancar bahasa Indonesia Mahasiswa KNB, diadakan sesi games bertemakan Ramadan. Para mahasiswa KNB dengan tim beranggotakan dua orang harus membuat sebuah kalimat yang dapat menceritakan gambar yang dibagikan secara acak. Dalam sesi ini, tim beranggotakan Hafiz dan Joseph sangat antusias menjelaskan gambar ketupat menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris sehingga meraih skor tertinggi. Setelah sesi games berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan diakhiri dengan acara buka bersama. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Apr 26, 2022

X