Belajar Fisika dengan Cara Menyenangkan Bagi Pelajar SMA ala INDY 2023

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Fisika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali menyelenggarakan workshop Incredible Physics (INDY) secara luring pada 5-6 Juli 2023. INDY 2023 yang diperuntukan bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) ini mengangkat topik “Deep Learning dan Implementasi pada Hardware” dan “Quantum Computing”.

INDY merupakan program yang digagas oleh tim dosen Fisika UNPAR sejak 2019 silam. Melalui INDY, diharapkan pelajar bisa mengubah cara pandang bahwa fisika itu sulit dan menakutkan. Didesain menarik dan menyenangkan, para pelajar SM  akan diajak terjun menikmati keindahan fisika melalui aktivitas di INDY dengan berbagai pendekatan.

Sekadar informasi, INDY merupakan workshop fisika yang khusus dirancang bersama  para pakar di bidangnya agar para siswa SMA dapat lebih jauh mempelajari materi-materi menarik dalam fisika. Tak dimungkiri bahwa pembelajaran fisika di tingkat SMA cenderung konvensional seperti belajar rumus dan bagaimana mengerjakan soal. Lebih lanjut, melalui INDY, pelajar diajak mengeksplorasi materi yang tak pernah mereka terima di SMA seputar teori dan eksperimen.

INDY 2023 pun dirancang agar para siswa SMA lebih dalam mengetahui topik-topik menarik tersebut bersama dengan para pakar di bidangnya. Materi disiapkan agar pelajar yang termotivasi dan penasaran, dapat belajar memahami topik-topik tersebut. Selama dua hari peserta akan diajak untuk terjun langsung dan menikmati keindahan fisika melalui aktivitas-aktivitas di INDY 2023.

Peserta INDY 2023 berasal dari berbagai sekolah, yaitu BINUS SCHOOL Serpong; Mts Bina Insani Surabaya; SMA Laboratorium Percontohan UPI; SMA Katolik Sang Timur; SMAK 2 BPK Penabur Bandung; SMAK 3 Penabur;  dan SMA Kristen IPH 2 Surabaya. Adapun pemateri dalam INDY 2023 yaitu Drs. Janto V. Sulungbudi; Reinard Primulando, Ph.D.; dan Paulus C. Tjiang, Ph.D.

Tema INDY tiap periode penyelenggaraannya akan berbeda, mengikuti tren terkini. Sementara metode pembelajaran yang dipakai adalah model pembelajaran aktif, dimana para pelajar diajak mengeksplorasi secara mandiri menggunakan peralatan atau piranti lunak dengan didampingi para pakar. Saat workshop berlangsung, para peserta akan dibekali dengan peralatan yang telah disiapkan.

Melalui INDY, tim dosen Fisika UNPAR berharap pelajar bisa mengenal keindahan belajar fisika. Tentunya para pelajar dapat termotivasi belajar fisika lebih dalam dengan cara menyenangkan. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jul 11, 2023

X