Bantu 18 Pengusaha UMKM, Program SCORE UNPAR Batch 7 Resmi Ditutup

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Manajemen Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali menyelenggarakan presentasi akhir dan penutupan dari program Sustaining Competitive and Responsible Enterprises (SCORE) UNPAR pada Kamis (3/8/2023). Acara yang diselenggarakan secara luring di Aula Fakultas Ekonomi tersebut merupakan akhir dari pelatihan dan pendampingan 18 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Berlandaskan sesanti “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bakti”, SCORE UNPAR merupakan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan UMKM untuk menjadi usaha yang produktif, berdaya saing, dan bertanggung jawab. 

SCORE Training sendiri bersandar pada metodologi yang telah diuji dan disempurnakan di berbagai negara. Program ini juga terselenggara atas kerjasama dengan International Labour Organization (ILO).

Berawal dari tahun 2016, SCORE UNPAR Batch 7 kini diikuti oleh 18 pengusaha mikro yang bergerak di bidang kuliner dan fashion dengan didampingi oleh 19 coach dan 187 mahasiswa sebagai asisten pendamping. Para pengusaha pun telah diberikan materi dalam workshop yang diselenggarakan selama 5 hari dengan 16 modul. Tidak hanya itu, SCORE UNPAR kali ini juga bermitra dengan Paguyuban Pengusaha Karsa Mandiri (PPKM) Kabupaten Bandung, PLUT Kabupaten Bandung, dan Inkubator Bisnis UNPAR.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Triyana Iskandarsyah, Dra., M.Si selaku ketua SCORE UNPAR, Danny S. Hidayat selaku Ketua PPKM, Januar Rustandie selaku SCORE Indonesia National Project Manager ILO, Ivan Prasetya, SE., MSM., M.Eng. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi (FE) UNPAR, serta H. Dindin Syahidin, S.IP., M.Si selaku Kepala Dinas KUKM Kabupaten Bandung. 

Triyana Iskandarsyah juga mengungkap bahwa UNPAR telah didukung oleh ILO untuk mengembangkan modul dalam platform UNPARPlus. Oleh karena itu, modul sudah bisa diakses secara untuk baik mahasiswa maupun pihak eksternal UNPAR. Dirinya juga menyatakan bahwa mahasiswa pendamping telah lebih dahulu mempelajari modul-modul yang telah dipersiapkan untuk program SCORE UNPAR Batch 7.

“Modul ini bisa diakses secara umum baik oleh UMKM ataupun mahasiswa,” ujar dirinya. 

Tidak hanya itu, dirinya juga membicarakan rencana untuk SCORE UNPAR pada tahun 2024. Dirinya berencana untuk mengembangkan modul Social Entrepreneurship, digitalisasi modul berbasis Whatsapp, bekerja sama dengan lebih banyak pihak, dan bahkan SCORE UNPAR Batch 8. 

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Ibu dan Bapak menjalankan modul melalui Whatsapp. Tentu lebih mudah karena lebih sederhana,” tuturnya.

Sementara itu, Januar Rustandie menyatakan rasa terima kasihnya terhadap SCORE trainer UNPAR yang telah berdedikasi untuk terus meningkatkan daya saing dari UMKM Indonesia. Dirinya juga berharap agar para peserta dapat merasakan manfaat dari program ini dan menjadi pengusaha sukses di masa yang akan datang.

“Harapan saya, Bapak dan Ibu bisa menjadi pengusaha yang sukses dan menjadikan Indonesia negara yang maju dan berdaya saing,” ucap dirinya. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Aug 4, 2023

X