Badja Coffee, Bisnis Mahasiswa UNPAR yang Mengusung Starling Kekinian

Foto: Dok. Parahyangan Incubator

UNPAR.AC.ID, Bandung – Fenomena Citayam Fashion Week yang mencuat 2022 silam. membuat para penjual minuman yang kerap disebut Starbucks Keliling (Starling) ikut naik kelas berkat para remaja yang hadir dalam Citayam Fashion Week tersebut.

Didasari naiknya usaha starling, memantik Egideo Kukuh Wicaksono, Nicholas Dennis, dan Jacky Kurniawan sebagai mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang membangun usaha miliknya bernama Badja Coffee untuk mengusung konsep starling namun dengan kualitas produk sekelas kafe.

Badja Coffee—singkatan dari Barista Djalanan—sendiri merupakan salah satu hasil dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Wirausaha UNPAR yang ditawarkan Parahyangan Incubator untuk mahasiswa dapat berbisnis.

MBKM Wirausaha adalah sebuah program yang mewadahi wirausaha mahasiswa untuk dapat mengembangkan ide dan rencana bisnisnya agar dapat menjadi bisnis yang dapat berjalan dan menciptakan lapangan kerja baru. Benefit yang didapatkan pun tidak tanggung-tangguh, mulai dari pendampingan sampai pendanaan.

Egideo sebagai perwakilan Badja Coffee menuturkan ingin membawa kualitas kafe dalam jalanan sekaligus memasarkan produk kopi yang dimiliki oleh nusantara terutama kopi Puntang dan Mandheling.

“Dengan kualitas kafe yang dibawa dalam gerobak yang berjalan dan produk yang terjangkau kami mengharapkan pangsa pasar yang luas dan tersebar. Selain itu, kami juga mengharapkan UMKM dapat makin dipercaya oleh orang banyak karena kualitasnya secara meluas,” tuturnya saat dikonfirmasi sebagaimana dikutip pada Selasa (2/5/2023).

Dia mengatakan jika MBKM Wirausaha ini membantunya dalam menyalurkan minat dalam wirausaha tanpa mengurangi kewajiban belajar dalam kuliah.

“Ditambah ilmu yang diberikan dalam program MBKM ini sangatlah menarik yakni bimbingan dari pihak dosen praktisi sesuai bidangnya,” katanya.

Dirinya merasa, program ini  sangat membantu pelaku UMKM terutama mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang pendidikan bisnis atau ekonomi. 

“Semoga kualitas dari program Parahyangan Incubator dan juga MBKM Wirausaha makin adaptasi dengan trend terkini dan juga mempertahankan kualitas yang dimiliki saat ini,”

Persiapan dari bisnis ini  dimulai dengan pembuatan pitch deck ide bisnis yang dia dan timnyai miliki. Mulai dengan membuat latar belakang hingga proyeksi finansial. 

“Hal yang paling krusial sendiri menurut kami adalah detail dari ide seperti mengapa kita ingin merealisasikan ide ini atau bahkan target pasarnya bagaimana juga perlu menjadi hal yang dirincikan pada saat presentasi,” ucap Egideo.

Egideo memberikan tips bahwa hal paling penting dimulai dari internal antara dia dan timnya.

“Terakhir yang paling penting adalah kesepahaman dan tujuan dari anggota tim. Tanpa ada kerja sama yang baik di dalam tim, tidak akan terwujudnya pitch deck sekaligus presentasi yang baik,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan jika hal yang menjadi khas UNPAR adalah dia dan timnya tidak hanya mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Tetapi mereka juga diajarkan untuk mengembangkan UMKM lainnya. 

“UMKM lainnya yang dimaksud adalah UMKM di Kabupaten Bandung yang nantinya akan dilakukan oleh anak anak MBKM Wirausaha untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dalam mengembangkan usaha masing masing. Langkah ini juga jadi perwujudan dari ilmu dan teori yang kami sebagai mahasiswa dapatkan agar bisa diberikan pada orang lain dan juga masyarakat sesuai dengan sesanti UNPAR,” ucap Egideo. (RBF-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

May 2, 2023

X