Alumni UNPAR Gelar Serbuan Vaksinasi Booster Bantu Tangani Pandemi Covid-19

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bersama Ikatan Alumni Fakultas Hukum UNPAR, Ikatan Alumni Teknik Industri UNPAR, Pangkalan TNI AL Bandung, serta Profesional dan Usahawan Katolik (PUKAT) Bandung menggelar vaksinasi ketiga atau vaksinasi booster bagi masyarakat umum, Kamis (17/2/2022) di Ruang Multifungsi Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR. Sebanyak 3.200 warga mendaftar dalam serbuan vaksinasi yang akan berlangsung hingga Jumat (18/2/2022) itu.

Giat serupa diinisiasi pula oleh Ikatan Alumni (IKA) UNPAR berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung, pada Sabtu (19/2/2022) hingga Minggu (20/2/2022). Penyebaran Covid-19 varian Omicron yang saat ini meningkat cukup signifikan menjadi perhatian IKA UNPAR untuk berkontribusi dalam peningkatan imunitas warga.

Ketua Panitia Serbuan Vaksinasi Booster Steven Adidarma mengatakan, vaksinasi booster diberikan kepada masyarakat umum tanpa syarat domisili. Serta mendorong percepatan vaksinasi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah AstraZeneca.

“Ini target acceptor-nya 3.000 orang. Namun per hari kemarin, sudah terdaftar 3.200 calon acceptor yang mudah-mudahan hari ini bisa masuk 50 persennya dulu dari target. Setelah itu akan dilanjut di hari berikutnya. Sebarannya cukup variatif Karena kami tidak ada spesifik KTP sehingga dari berbagai elemen yang ada di area Kota Bandung dan berbagai pihak yang akan menyelenggarakan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,” tuturnya.

Dia pun berharap gelaran vaksinasi yang terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak ini memberi dampak signifikan dalam penanganan pandemi di Indonesia. Kegiatan vaksinasi pun menjadi ikhtiar bersama untuk membantu masyarakat mendapatkan akses vaksinasi ketiga.

“Yang harapannya dari kolaborasi ini bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat di Indonesia,” ujar Steven.

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) Komandan Lanal Bandung Letkol laut (P) Budi Purnamajaya, S.H., yang turut serta meninjau kegiatan vaksinasi di PPAG UNPAR menuturkan, serbuan vaksinasi booster kepada masyarakat di wilayah kerja Lanal Bandung sejalan dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut.

Seluruh prajurit yang berada di lapangan Lanal Bandung, lanjut dia, tidak pernah berhenti untuk membantu pemerintah daerah terkait kegiatan vaksin yang merupakan bagian dari kegiatan operasi militer selain perang (OMSP). Hal itu tertuang dalam Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan bencana maupun hal-hal yang lainnya. 

”Kegiatan yang sangat luar biasa ini sudah tiga kali dilaksanakan dan ini kita terus bergerak tanpa henti juga di Lanal Bandung membuka gerai vaksin setiap hari Rabu dan Kamis dan bagi rekan-rekan, saudara atau yang lainnya yang belum dapat kesempatan vaksin kami menyediakan dan selalu membuka gerai vaksin untuk seluruh masyarakat kota Bandung. Kami berharap ke depan kita akan semakin maju dengan kondisi lingkungan yang sehat untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit

Sementara itu, Ketua Panitia Vaksinasi Booster IKA UNPAR Kenny Dewi Kaniasari menuturkan, pihaknya menargetkan penerima vaksin booster sebanyak 3.000 orang. Dalam kesempatan itu, giat vaksinasi juga dalam rangka perayaan Hari Raya Imlek 2573 yang diharapkan menjadi contoh keberagaman dan toleransi, dimana UNPAR menjadi miniatur Pancasila yang tergambar pada keseluruhan acara dan struktur kepanitiaan.

Menurut dia, kegiatan ini bukan hanya menjadi kegiatan sosial untuk membantu pemerintah, UNPAR, dan masyarakat. Namun menjadi contoh positif keberagaman, persatuan, dan kerja sama yang tergambar pada kepanitiaan yang memiliki latar belakang dan identitas beragam.

Dia mengungkapkan, tujuan kegiatan vaksinasi booster ini selain untuk membantu program pemerintah dengan tema “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit”, juga ditujukan untuk membantu persiapan rencana pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) UNPAR yang direncanakan di waktu mendatang. Target prioritas yang disasar adalah tenaga pengajar, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UNPAR.

Selain itu, bekerja sama dengan Puskesmas Ciumbuleuit, target sasaran lain adalah masyarakat umum yang berada di Ciumbuleuit. Diharapkan dengan kegiatan vaksinasi booster ini, terwujud masyarakat Ciumbuleuit dan Kota Bandung yang sehat sekaligus membantu program pemerintah menyelesaikan pandemi Covid-19 yang masih terjadi sampai saat ini.

“IKA UNPAR sebagai bagian dari Kota Bandung menyadari bahwa kota yang sehat dan produktif akan mengembalikan warna dan meningkatkan geliat ekonomi Kota Bandung. Vaksinasi booster IKA UNPAR membuktikan bahwa IKA UNPAR selalu hadir di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi positif,” tutur Kenny. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Feb 25, 2022

X