Home / Alumni / Alligators Unpar Raih Prestasi di LIMA Jawa Barat

Alligators Unpar Raih Prestasi di LIMA Jawa Barat

Tim Basket Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Alligators kembali menorehkan prestasi. Dalam Kompetisi Liga Mahasiswa (LIMA) Regional Jawa Barat, Tim Putri Alligators berhasil meraih peringkat pertama. Sementara itu, Tim Putra Alligators meraih peringkat ketiga dalam ajang yang sama. Dengan keberhasilan tersebut, kedua tim berhak untuk mengikuti Liga Mahasiswa Nasional yang akan diselenggarakan di Surabaya pada 9 sampai 16 Agustus 2018.

Meningkatkan kualitas

Ditemui oleh Tim Publikasi pada Selasa (24/7), Ketua UKM Alligators Kevin Aditya mengaku bangga dengan prestasi yang mereka peroleh dalam ajang tersebut. Ia mengakui bahwa prestasi tersebut sesuai dengan ekspektasi mereka. Tentunya prestasi tersebut hanya mungkin dicapai dengan persiapan yang matang. “Persiapannya gak mungkin instan,” tuturnya.

Dalam seminggu, tim dapat berlatih hingga empat kali selama lebih kurang tiga bulan untuk mempersiapkan stamina dan meningkatkan kualitas permainan. “Kami bergabung dalam Alligator bisa dibilang sebagai student athlete, jadi memang butuh time management yang baik antara kuliah dan basket,” tambahnya. Oleh karenanya, waktu kuliah dan latihan pun disesuaikan dengan penuh tanggung jawab.

Namun, yang lebih penting bagi Alligators adalah membangun soliditas tim. Hal-hal sederhana seperti kumpul setelah latihan menjadi cara yang ampuh untuk mempererat hubungan antar anggotanya. Soliditas tim sendiri menjadi hal yang meninggalkan kesan bagi Kevin dan rekan-rekannya. “Dengan kebersamaan yang lebih solid, itu membuat kami menjadi tim yang lebih utuh dari tahun lalu,” jelasnya. Kekurangan yang terjadi dalam LIMA Jawa Barat menjadi penyemangat bagi Alligators untuk meningkatkan prestasi, khususnya menjelang LIMA Nasional sebentar lagi.

Seleksi terbuka

Memasuki tahun akademik yang baru, UKM Alligators membuka kesempatan bagi mahasiswa yang tertarik dengan dunia basket untuk bergabung dalam UKM tersebut. Kevin mengemukakan bahwa dalam waktu dekat, UKM ini akan melakukan Open Selection atau Seleksi Terbuka untuk mencari bibit-bibit baru bagi Tim Basket Unpar. “Semua mahasiswa Unpar sangat boleh mengikuti open selection ini,” ujar Kevin. Ia sendiri berharap agar mahasiswa baru dapat menyalurkan minat dan bakatnya salah satunya melalui berbagai UKM yang di ada di Unpar seperti UKM Alligators. “Banyak aktivitas dan hal-hal yang baru yang bisa kalian dapat di dunia perkuliahan,” katanya.