Home / Berita Terkini / Aktivitas BIPA Unpar Mengakhiri 2019

Aktivitas BIPA Unpar Mengakhiri 2019

Menutup akhir tahun 2019, Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Universitas Katolik Parahyangan (BIPA Unpar) mengadakan kelas memasak bagi para mahasiswa asing yang mengikuti program Darmasiswa, Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan ACICIS. Kegiatan ini digelar pada Jumat (6/12) di kediaman salah satu dosen BIPA Unpar, Kristining Seva, M.Pd.

Pada acara ini, para mahasiswa belajar memasak dan menghias tumpeng sebagai salah satu makanan khas Indonesia. Uniknya, bahan-bahan pelengkap tumpeng merupakan makanan khas negara asal masing-masing mahasiswa. Hal ini tentu memberikan kesan tersendiri bagi para mahasiswa peserta BIPA Unpar.

Selain acara memasak bersama, mahasiswa peserta BIPA Unpar juga terhibur dengan berbagai perlombaan seperti makan kerupuk, oper air, serta dansa. Aktivitas diakhiri dengan tukar kado antara para mahasiswa serta dosen BIPA.

Monev Darmasiswa

Selain kegiatan bagi para mahasiswa, BIPA Unpar juga menerima kunjungan Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Kamis (28/11). Kunjungan ini ditujukan sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi (Monev) program Darmasiswa di Unpar, sekaligus mendukung promosi Program Darmasiswa oleh BPKLN.

Pada kesempatan ini, Koordinator BIPA Unpar Filipus Gilang Wicaksono memaparkan laporan sementara Program Darmasiswa yang difasilitasi oleh Unpar. Aktivitas dilanjutkan dengan pengambilan video suasana kelas serta wawancara Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. serta mahasiswa peserta program Darmasiswa.

Sejak 2018, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) telah menjadi salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan program Darmasiswa melalui BIPA Unpar. Program ini memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing yang tertarik untuk belajar di Indonesia, khususnya dalam mempelajari budaya dan Bahasa Indonesia. Selain Darmasiswa, BIPA Unpar juga menyelenggarakan kelas Bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing yang mengikuti berbagai program di Unpar, seperti KNB dan ACICIS. (/DAN)