Home / Berita Terkini / Akreditasi Internasional IABEE Provisional untuk Program Studi Teknik Kimia

Akreditasi Internasional IABEE Provisional untuk Program Studi Teknik Kimia

Pada bulan Februari 2020, Program Studi Sarjana Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (TK Unpar) berhasil meraih akreditasi internasional provisional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). IABEE adalah badan akreditasi internasional independen yang yang merupakan departemen otonom dalam organisasi PII (Persatuan Insinyur Indonesia) dan mendapatkan dukungan dari Ditjen DIKTI serta support dari Jepang (JABEE), Australia dan ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology).  

Akreditasi IABEE ini melewati serangkaian proses yakni penyerahan dokumen (Ikhtisar Prodi dan Laporan Evaluasi Diri) yang dilakukan di akhir bulan Juni dan visitasi asesor IABEE untuk memastikan sarana dan prasarana yang dimiliki prodi telah memadai dan memenuhi standar yang ditetapkan IABEE yang dilakukan pada 25 Oktober 2019.  

Akreditasi IABEE ini merupakan upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan teknik secara berkelanjutan sehingga memenuhi standar dan kualifikasi internasional dan meningkatkan akuntabilitas kepada masyarakat.  Dengan demikian, diharapkan lulusan mampu bersaing secara global karena IABEE terikat dalam Washington Accord yang merupakan perjanjian multilateral di antara lembaga-lembaga akreditasi pendidikan tinggi teknik di dunia dan merupakan perjanjian yang paling diakui di dunia. 

Artikel Terkait: Teknik Sipil dan Teknik Kimia Unpar Raih Akreditasi IABEE

Washington Accord melibatkan banyak negara seperti Amerika, Tiongkok, Kanada, Inggris, Korea, Jepang, Australia, Singapura, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, dan lainnya. Dengan demikian, akan ada pengakuan kualifikasi keteknikan di antara anggota-anggotanya sehingga dapat memenuhi persyaratan akademis untuk praktik teknik (engineering practice) di tingkat profesional.  Dengan kata lain, akreditasi IABEE dapat membantu para lulusan TK Unpar untuk dapat masuk atau berkiprah dalam dunia profesi insinyur Teknik Kimia secara global.

Persiapan prodi S1 TK Unpar untuk akreditasi internasional dilakukan dari tahun 2017 dengan bantuan Hibah Prodi dari Unpar (tahun 2017 dan 2018) untuk mengupayakan berbagai hal penting seperti Outcome-based Curriculum, pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan Sistem Informasi Capaian Pembelajaran (SICP), pembuatan portofolio perkuliahan, sertifikasi profesi dan keikutsertaan dalam keanggotaan profesi para staf dosen, dan lainnya sebagaimana standar IABEE. 

Pemahaman persyaratan-persyaratan dari IABEE sangat penting untuk membuat evaluasi diri dan merencanakan secara matang serta melakukan langkah-langkah perbaikan yang tentunya membutuhkan waktu yang panjang.  Selain itu, dukungan penuh dari para dosen di prodi TK Unpar dan juga adanya bantuan dana Hibah Prodi dari Unpar tersebut sangat penting dalam menunjang keberhasilan akreditasi IABEE ini. Harapan dari prodi Teknik Kimia Unpar terkait akreditasi IABEE ini adalah dapat memberikan pendidikan tinggi di bidang teknik kimia yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional sehingga para lulusan TK Unpar dapat dengan percaya diri berkiprah dan diakui dalam dunia profesi insinyur TK (Chemical Engineering) secara global.  (JNS/DAN – Bagian Publikasi. Sumber: Wawancara dengan Teknik Kimia Unpar)