Agribisnis hingga Teknologi Pangan jadi Perhatian, UNPAR Bersama PT Gistex Teken MoU

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan PT Gistex pada Selasa (14/2/2023). Penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan secara luring di Gedung Rektorat UNPAR didasari oleh keinginan untuk saling bekerjasama dengan itikad baik dan saling menguntungkan, dan dalam melaksanakan kepentingan bersama untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. 

Dalam hal ini, UNPAR beserta PT Gistex sepakat mengadakan kerjasama yang saling menguntungkan dalam rangka pelaksanaan tugas masing-masing untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing dalam bidang Tridarma Perguruan Tinggi meliputi penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. dan Teguh Hidayat selaku Direktur Utama PT Gistex secara langsung. Penandatanganan turut disaksikan di antaranya oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Tri Basuki Joewono Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni C. Harimanto Suryanugraha, OSC, Drs., SLL.; beserta jajaran dekanat dari berbagai fakultas di UNPAR.

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. menyatakan, UNPAR bercita-cita untuk selalu maju dan berkembang secara terus menerus. Sebagai contoh, Rektor secara ringkas menjabarkan rencana UNPAR untuk membuka Fakultas Kedokteran, Fakultas Seni, Magister Matematika, hingga transformasi desain kurikulum yang membuka ruang untuk kerja kolaboratif. 

“Saat ini, kondisinya memang selalu ingin maju lebih ke depan lagi, lebih jauh lagi, dan lebih berkembang lagi,” ujarnya. 

Merespons kerja sama dengan PT Gistex, Rektor bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PT Gistex. Dirinya berharap untuk pengembangan kerja di mana UNPAR dan PT Gistex bisa bekerja sama dan saling berkontribusi untuk kemajuan masing-masing. 

“Kami mensyukuri sekaligus berterima kasih karena PT Gistex merupakan salah satu partner strategis dan potensial kami. Maka dari itu, sekali lagi kami berterima kasih untuk kehadirannya dan berharap untuk pengembangan kerja sama kita ke depan yang tentu saja di mana kami juga bisa berkontribusi untuk kemajuan PT Gistex sendiri,” tuturnya. 

Adapun Prof. Ir. Wimpy Santosa, Ph.D., IPU. selaku Kepala Program Vokasi dan Profesi (PVP) UNPAR menceritakan dirinya saat mengunjungi PT Gistex. Ia langsung dihadapi oleh tantangan-tantangan yang membuat dirinya tidak ragu-ragu lagi untuk menindaklanjuti kerja sama. 

Selain itu, ia menyatakan bahwa rencana 3 program studi baru di Program Vokasi dan Profesi tentu membutuhkan kerja sama dengan PT Gistex khususnya bidang agribisnis pangan, teknologi pangan, serta bisnis kreatif. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan dan kepercayaan dari kedua belah pihak. 

“Ini tentunya membutuhkan perencanaan dan kepercayaan yang baik sehingga segalanya bisa kita lakukan dengan baik,” ujarnya. 

Di sisi lain, Henking Wargana selaku pemilik dari PT Gistex menyatakan dirinya sangat mendukung penuh kolaborasi ini khususnya dalam berkontribusi kepada Indonesia agar menjadi negara maju. 

“Ini semua harus kerja sama dari pikiran semua pihak dan keterbukaan hati untuk bisa menerima semua yang terbaik dari semua pemikiran yang luar biasa,” ujarnya. 

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak UNPAR yang telah hadir dan berkontribusi dalam penandatanganan nota kesepahaman. Ia berharap agar seluruh pihak bisa melakukan apa yang bisa dilakukan untuk kemanusiaan dan Indonesia. 

“Semoga kita bisa terus stay humble. Lakukan apa yang kita bisa untuk kemanusiaan dan terutama untuk Indonesia,” ucapnya.(KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Feb 14, 2023

X