Home / Berita Terkini / Meningkatkan Pemanfaatan TIK Dalam Proses Pembelajaran di Unpar

Meningkatkan Pemanfaatan TIK Dalam Proses Pembelajaran di Unpar

Pada Selasa (28/5), Biro Pengembangan Modal Insani bekerja sama dengan Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. Kegiatan yang dipusatkan di ruang rapat rektorat ini sekaligus menjadi evaluasi terhadap kegiatan pemanfaatan TIK, khususnya melalui Interactive Digital Learning Environment (IDE) Unpar.

Pelatihan diikuti oleh dosen dengan masa bakti kurang dari dua tahun yang mendapat penugasan dari program studinya. Sebagian dosen didampingi pula oleh kepala program studi masing-masing. Kegiatan ini dipandu oleh fasilitator dari PIP Unpar selaku pengelola IDE Unpar.

Dalam kegiatan yang berlangsung sekitar tiga jam ini, para dosen secara bergantian mempresentasikan hasil penggunaan IDE Unpar dalam proses perkuliahannya. Dari presentasi inilah, terlihat bahwa para dosen mulai memanfaatkan IDE Unpar untuk menunjang kegiatan kuliah, termasuk menciptakan inovasi baru seperti menggunakan fungsi video, grafis, kerja kelompok hingga kuis secara online.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para dosen dapat memanfaatkan TIK secara maksimal untuk menyampaikan perkuliahan, juga mendorong kolega sesama dosen untuk mengoptimalisasi penggunaan IDE Unpar dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa.