14 Mahasiswa UNPAR Lolos Beasiswa IISMA 2023, Kuliah 1 Semester di Kampus Top Dunia

UNPAR.AC.ID, Bandung – Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung terpilih sebagai penerima beasiswa program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) 2023 dan akan mengikuti perkuliahan di 14 kampus luar negeri  yang tersebar di 12 negara. 

Melansir laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada Rabu (26/4/2023), sebanyak 1.692 mahasiswa yang terdiri atas 1.132 mahasiswa program sarjana dan 560 mahasiswa program vokasi terpilih sebagai peserta IISMA.

Kepala Program IISMA Rachmat Sriwijaya menuturkan, mahasiswa yang terpilih berkesempatan untuk mengikuti mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik dunia selama satu semester atau selama 4–6 bulan dengan pembiayaan dari pemerintah Indonesia. Pembelajaran yang diikuti para mahasiswa selama mengikuti program akan mendapatkan rekognisi dalam bentuk satuan kredit hingga 20 satuan kredit semester (SKS) di perguruan tinggi asal masing-masing.

Program IISMA sendiri telah diselenggarakan sejak tahun 2021 untuk Jalur Sarjana, sedangkan Jalur Vokasi baru dibuka di tahun 2022. Program ini mencapai angka pendaftar tertinggi pada pelaksanaan tahun 2023, dengan sebanyak 9.116 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma yang resmi terdaftar sebagai calon peserta.

14 mahasiswa yang lolos seleksi Program beasiswa IISMA 2023 tersebar dari 3 program studi di UNPAR dengan rincian, Ilmu Hubungan Internasional sebanyak 12, serta Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Hukum masing-masing 1 mahasiswa. Berikut adalah rincian peserta serta universitas pilihannya:

  1. Jenifer Hartanto, Nanyang Technological University
  2. Josephine Anastasia Warsidi, The Australian National University
  3. Cheesy Luxmundy, The University of Sydney
  4. Brian Jonathan, Western University
  5. Fayola, Humboldt University of Berlin
  6. Muhammad Wijaya Nur Shiddiq, Radboud University
  7. Palupi Aathira Maheswari Maulana, University of Auckland
  8. Najmi Nararya Salim Sungka, M.V. Lomonosov Moscow State University
  9. Cynthia Syukur Purwanto, University of Waterloo
  10. Emanuela Nandin Abhigita, Sapienza University of Rome
  11. Ashton David Santoso, University of Liverpool
  12. Al Netta, Universiti Sains Malaysia
  13. Mohammad Fadhlan Noorhadi, KU Leuven
  14. Anastasya Jesslyn H. S., Michigan State University

Terdapat 140 mitra Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) di 27 negara yang bergabung pada IISMA 2023. Di antara deretan mitra PTLN, terdapat nama perguruan tinggi top dunia yang termasuk dalam peringkat 20 besar pada QS World University Ranking, yaitu: University of Cambridge, University College London, University of Chicago, University of Pennsylvania, The University of Edinburgh, Yale University, dan Nanyang Technological University. Selain itu, delapan universitas terbaik di Australia atau yang biasa dikenal sebagai Group of Eight (Go8) juga bergabung menjadi mitra PTLN untuk pelaksanaan Program IISMA Tahun 2023.

“Program IISMA menyediakan kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa. Kami menantikan untuk menyambut lebih banyak mahasiswa peserta IISMA,” ucap Lisa Taglang, Associate Director of International Programs University of Pennsylvania Amerika Serikat. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Apr 26, 2023

X