Home / Berita Terkini / Workshop Public Speaking Administrasi Bisnis Unpar

Workshop Public Speaking Administrasi Bisnis Unpar

Menjadi pembicara yang baik bukan lagi sebuah keterampilan “istimewa” melainkan sesuatu yang diperlukan para mahasiswa untuk menunjang pembelajaran di kampus. Dengan kemampuan public speaking yang mumpuni, mahasiswa memiliki bekal ketika di masa mendatang mereka ingin membuka bisnis maupun bekerja pada instansi pemerintahan dan perusahaan. Diperlukan pengalaman dan yang paling penting, keberanian. Begitulah kata Sapta Dwikardana PhD selaku salah satu pemateri, membuka kegiatan Workshop Public Speaking.

Di Ruang Audio Lo.Ka.Si Coffee & Space yang berada di Jl. Ir. H Juanda 92, Bandung, kegiatan workshop ini diadakan oleh Divisi Akademik Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan (HMPSIAB Unpar), pada Sabtu (17/11/2018).

Sapta Dwikardana PhD dan Angela Teressia SIP, MM menjadi pelatih dalam acara workshop tersebut. Keduanya yang merupakan dosen Unpar, menggunakan pendekatan interaktif untuk memberikan pelatihan.

Pada awal acara, Sapta yang mengampu mata kuliah Manajemen Internasional di Prodi HI Unpar, memberikan dasar-dasar tentang bagaimana berbicara di hadapan umum. Beliau juga menyampaikan seputar permasalahan yang biasa dialami oleh para pembicara di seluruh dunia, bagaimana menentukan materi pembicaraan yang sesuai dengan audiens serta memberi dampak baik bagi mereka.

“Ingat! Kesan pertama itu selalu penting! Kadang lebih baik untuk tampil biasa tapi lama-lama keluar aura dan kharisma kalian. Misalnya, dalam kondisi bahwa kalian diberi perintah untuk presentasi tanpa teks secara spontan,” ujarnya.

Lainnya halnya dengan Angela yang mengajar mata kuliah Komunikasi Bisnis di Prodi Manajemen Unpar, lebih memberikan pelatihan bersifat spesifik. Ia membahas tentang gestur serta bagaimana cara berjalan bila memang diperlukan selama berbicara.

“Interaksi ya, itu penting! Kalau kalian cuma membaca dari presentasi ya akhirnya tidak ada kesan yang ditinggalkan untuk para audiens. Selalu ingat untuk memberi dampak dengan tampil seperti yang diperlukan materi,” jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa sebagai pembicara yang baik, penguasaan materi adalah vital dan tak bisa ditawar. “Jangan sampai kamu diam karena lupa, selalu berusaha dan berlatih untuk jadi lancar,” terangnya.

Acara yang bertemakan “Mastering the Communication Skill to Enhance Your Future Career” ini tidak hanya berbentuk presentasi materi namun juga dialog interaktif dan praktik bersama.