Home / Berita Terkini / Workshop Kepemimpinan Inovatif Berbasis ICT

Workshop Kepemimpinan Inovatif Berbasis ICT

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) bekerja sama dengan SMP Santa Angela, Bandung, menyelenggarakan workshop dengan tema “Berpikir Ilmiah”. Workshop tersebut digagas oleh pimpinan SMP Santa Angela dalam rangka membentuk kepemimpinan inovatif berbasis ICT. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Rabu (18/1) lalu di Kampus SMP Santa Angela dan berlangsung selama setengah hari.

Janto V. Sulungbudi, dosen Program Studi (Prodi) Fisika Unpar bertindak sebagai pemandu kegiatan workshop. Beliau dibantu oleh 15 orang mahasiswa FTIS Unpar yang berasal dari Prodi Matematika, Fisika, dan Prodi Teknik Informatika. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 500 orang siswa SMP Santa Angela.

Workshop dimulai dengan panel yang diikuti oleh seluruh siswa berisi penjelasan dan demonstrasi proses metoda ilmiah. Pada sesi kedua, setiap mahasiswa menjadi fasilitator di tiap kelas (total 15 kelas) bagi para siswa. Pada sesi ini mereka diajak berlatih untuk berpikir dan bekerja dengan menggunakan metoda ilmiah tetapi dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari empat orang untuk menerapkan metoda ilmiah dalam mencari strategi terbaik untuk menang dalam permainan.

Para siswa juga dilatih untuk menuliskan: problem statement, research question, hypothesis, analysis & conclusion, kemudian mengomunikasikannya ke orang lain.  Kegiatan workshop ditutup dengan Sesi Panel untuk merangkum semua proses yang sudah dilaksanakan.

Sumber: ftis.unpar.ac.id