Home / Berita Terkini / Workshop Dosen Junior UNPAR

Workshop Dosen Junior UNPAR

Junior Lecturer workshop

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjawab kebutuhan akan peningkatan kualitas dosen melalui pelaksanaan workshop Pedagogik Reflektif.

Pelatihan ini dilakukan selama 2 hari (23-24 Juli 2012) bertempat di Villa Bougenville, Maribaya dengan peserta berjumlah 41 orang. Peserta merupakan dosen junior UNPAR yang memiliki latar belakang keilmuan berbeda.

Workshop kali ini mengundang Prof. Dr. Paul Suparno, S.J. sebagai narasumber utama membahas mengenai Paradigma Pedagogi Refle ktif (PPR). PPR merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diaplikasikan di jenjang pendidikan tinggi. Pendekatan ini melihat proses pembelajaran sebagai sesuatu yang bersifat holistik ; mengintegrasikan nilai dalam penciptaan mahasiswa yang memiliki kompetensi dan karakter. Oleh karenanya PPR menekankan tiga hal utama yaitu : Competency, Conscience dan Compassion. Competency mengindikasikan kemampuan mahasiswa untuk menguasai bidang ilmu terkait, Conscience menekankan pada keberadaan hati nurani yang dapat membedakan baik dan tidak baik, sementara Compassion berarti kepekaan dan kepedulian untuk berbuat baik bagi orang lain. Menurut PPR penguasaan materi semata tanpa dibekali dengan nilai rasa tidaklah cukup. Keberimbangan dirasa penting di dalam pembentukan manusia cerdas berbudi, yang nantinya akan menjadi tulang punggung negara ini.

Pelatihan ini mendapat dukungan penuh oleh pihak Rektorat. Hal ini terbukti dengan hadirnya pejabat Rektorat; Rektor beserta ketiga Wakil Rektor, yang senantiasa mendampingi serta berpartisipasi dalam sesi-sesi pembelajaran. Utamanya, melalui sesi khusus yang dibawakan oleh Rektor UNPAR, Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D. yang dengan sangat inspiratif membagi pengalaman selama meniti karir di jalur akademik, serta sesi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Laurentius Tarpin, OSC mengenai nilai-nilai UNPAR yang menekankan semangat kollegialitas dan toleransi.

Kegiatan ini tidak saja memberikan ilmu baru bagi para peserta, namun juga memberikan kesempatan untuk saling mengenal kolega lintas jurusan dan fakultas. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya untuk menghasilkan lulusan UNPAR yang unggul.