Home / Berita Terkini / Workshop Distance Learning

Workshop Distance Learning

workshop distance learning

Taskforce Distance Learning APTIK (DLA) melalui Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP) UNPAR, pada tanggal 12 – 13 September yang lalu menyelenggarakan Workshop dengan tema “Pengembangan Materi Perkuliahan Berbasis Distance Learning”.

Peserta pelatihan ini adalah para dosen dan pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari perguruan tinggi anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK), diantaranya berasal dari Universitas Atma Jaya Jakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, STIKES Sint Carolus Jakarta, ST Musi Pelembang, dan dari UNPAR sendiri. Sebanyak 22 orang peserta selama dua hari mengikuti pelatihan ini yang tujuan utamanya adalah mempersiapkan para dosen dan pengelola TIK untuk mengembangkan materi perkuliahan jarak jauh berbasis TIK.

Dalam pengantarnya ketua Taskforce DLA, Dr. Pius Sugeng Prasetyo mengutarakan bahwa penyelenggaraan pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari program kerja APTIK yang menugas kepada UNPAR untuk merintis dan mensinergikan pembelajaran jarak jauh di lingkungan perguruan tinggi anggota APTIK. Hal senada dikemukakan juga oleh Rektor UNPAR Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D., dalam sambutannya bahwa pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong Perguruan Tinggi untuk mengembangkan metode pembelajaran berbasis teknologi sehingga semakin mampu bersaing di tingkat nasional bahkan juga di tingkat internasional. Tak lupa juga beliau menegaskan pentingnya setiap universitas memiliki Pusat Inovasi Pembelajaran untuk membantu para dosen mengembangkan metode pembelajaran sehingga proses pembelajaran yang terjadi semakin bergairah dan bermutu.

Workshop yang diselenggarakan selama dua hari ini berjalan dengan sangat baik dan sukses berkat bimbingan para fasilitator yang dipimpin oleh Dr. Anuncius Gumawang Jati yang dibantu oleh Finita Dewi, MA dan Grace Sabandar, S.IP. Ada delapan sesi yang harus diikuti oleh para peserta workshop, yaitu: filosofi dan tahapan pembelajaran jarak jauh, pengenalan Learning Management System (LMS) Moodle dan fitur-fiturnya, pengembangan materi pembelajaran iteraktif menggunakan perangkat lunak bantu i-Spring dan hotpotatoes, serta tips pembuatan materi perkuliahan online. Acara yang padat ini diikuti oleh seluruh peserta dengan serius dan antusias.