Wisuda II Unpar Tahun Akademik 2019-2020

Sebanyak 1232 lulusan dari program diploma, sarjana, magister hingga doktor di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dilantik dalam Upacara Wisuda II Tahun Akademik 2019-2020. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (12/12/2020) di Aula Fakultas Ekonomi Unpar ini dihadiri daring oleh para wisudawan dan wisudawati dengan didampingi orang tua maupun wali melalui aplikasi konferensi video.

Acara dihadiri secara langsung oleh Ketua Senat Unpar Prof. Bambang Sugiharto bersama anggota Senat Akademik, Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D. beserta jajarannya, serta para Dekan Fakultas. Adapun perwakilan Pengurus Yayasan Unpar Pst. Basilius Hendra Kimawan, OSC., Ketua Ikatan Alumni Unpar Ivan Sadik, serta ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV (LLDKTI IV) Prof. Dr. Uman Suherman turut memberikan ucapan selamat dan sambutan secara daring.

Pribadi yang Istimewa

Dalam sambutannya, Rektor Unpar Mangadar Situmorang menyampaikan bahwa para wisudawan dan wisudawati dalam kesempatan kali ini penuh dengan hal-hal yang istimewa. “Anda adalah orang-orang hebat, pribadi-pribadi yang penuh dengan talenta,” ungkap Rektor Unpar. “Keistimewaan ini bisa kita maknai apabila didasarkan pada dua syarat kesadaran,” lanjutnya. Yang pertama ialah bahwa para wisudawan dan wisudawati sadar telah menjadi bagian dari perubahan itu sendiri. Kedua, adalah bahwa insan Unpar memiliki independensi dan adalah manusia yang otonom.

Rektor Unpar juga menegaskan kembali para peserta wisuda untuk terus menghidupi Sesanti Unpar, Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti. Rektor berpesan agar para lulusan dapat, “Menjadi sarjana yang bisa memberikan kontribusi lebih banyak orang, membanggakan keluarga, membangun masyarakat dan membangun bangsa.” 

Terakhir, tidak lupa Rektor menyampaikan apresiasi bagi keluarga wisudawan dan wisudawati selama mendampingi studi mereka di Unpar. Khususnya pada hari yang bahagia ini, dimana Unpar mempersilakan orang tua serta wali wisudawan dan wisudawati untuk melakukan pelantikan.

Acara dilanjutkan dengan pemanggilan seluruh wisudawan dan wisudawati, yang diikuti dengan pembacaan janji wisudawan oleh Aisha Anjani Suhud, dan penyampaian pamit wisudawan oleh Veronica Acintya Putri. Terakhir, upacara ditutup dengan doa syukur atas keberhasilan para wisudawan dan wisudawati. Meski diselenggarakan dalam kesederhanaan, wisuda daring pertama di Unpar ini diharapkan tetap berkesan bagi para wisudawan dan wisudawati Unpar. (DAN – Divisi Publikasi)