Home / Berita Terkini / Wisuda II Unpar Tahun Akademik 2018/2019
  • Dalam Wisuda II Tahun Akademik 2018/2019 yang digelar Sabtu (14/9), Unpar melepas 1117 lulusan terbaik dari jenjang diploma hingga doktoral

  • Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. berpesan agar lulusan Unpar menjadi insan yang toleran dan nasionalis, memiliki kepekaan sosial terhadap sesama

  • Prosesi wisuda diawali dengan seni tradisional menyambut Senat Universitas yang dipersembahkan Listra Unpar

  • Louis, Presiden Mahasiswa Unpar Periode 2018/2019, mewakili kawan-kawannya untuk menyampaikan Pamit Wisudawan

  • Persembahan lagu "Mohon Diri" dari wisudawan dan wisudawati anggota PSM Unpar sebagai wujud rasa syukur dan permohonan pamit

  • Prosesi pemindahan tali topi toga dalam wisuda menandai babak baru dalam kehidupan wisudawan untuk berbakti bagi masyarakat

Wisuda II Unpar Tahun Akademik 2018/2019

Pada Sabtu (14/9), Universitas Katolik Parahyangan kembali melantik lulusannya dalam Upacara Wisuda II Tahun Akademik 2018/2019. Total, ada sebanyak 1117 wisudawan dan wisudawati yang mengikuti proses pelantikan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga).

Para lulusan terbagi ke dalam jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktor. Secara rinci, pada wisuda kali ini, terdapat 251 lulusan Fakultas Ekonomi, 141 lulusan Fakultas Hukum, 250 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 192 lulusan Fakultas Teknik, 17 sarjana Fakultas Filsafat, 204 lulusan Fakultas Teknologi Industri, serta 62 lulusan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains.

Sidang terbuka ini dipimpin oleh Senat Akademik Unpar, dan dihadiri pula oleh perwakilan Yayasan Unpar, IKA Unpar, segenap sivitas akademika Unpar, para tamu undangan, orang tua wisudawan dan wisudawati, serta kawan dan kerabat para lulusan.

Upacara wisuda dibuka dengan iringan lagu-lagu yang dibawakan oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpar serta dilanjutkan dengan tarian yang dibawakan oleh Lingkung Seni Tradisional (Listra) Unpar yang juga mengiringi masuknya Senat Akademik, beserta perwakilan dari Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar.

Semangat Nasionalisme dan Toleransi

“Lulusan Unpar harus menjadi tokoh nasionalis yang pluralis, serta harus saling menghargai dan menghormati sesama”

“Unpar mempunyai tujuan untuk mendidik generasi muda agar menjadi pribadi yang mandiri dan dewasa dengan kemampuan serta kepekaan sosial,” tutur Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D dalam sambutannya.

Mangadar juga tidak lupa berpesan agar para wisudawan untuk tetap berpegang teguh kepada visi serta sesanti Unpar yaitu “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” yang mengandung arti berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat. Di akhir sambutannya, Mangadar berpesan agar alumni Unpar dapat menjadi pribadi yang toleran, yang menjaga harmoni, serta tidak terpapar radikalisme ekstrimis. 

“Lulusan Unpar harus menjadi tokoh nasionalis yang pluralis, serta harus saling menghargai dan menghormati sesama,” tutup Mangadar.

Pada upacara wisuda kali ini, pengucapan janji wisudawan dipimpin oleh Mirza Gumbira, Ketua Himpunan Manajemen Periode 2017/2018. Serta dilanjutkan dengan pamit Alumni yang disampaikan oleh Louis, Presiden Mahasiswa Unpar Periode 2018/2019. (YJR/DAN)