Home / Alumni / Wisuda II Unpar, Siap Mengabdi bagi Bangsa

Wisuda II Unpar, Siap Mengabdi bagi Bangsa

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali melantik lulusannya dalam Upacara Wisuda II tahun akademik 2016-2017. Sebanyak 1,267 wisudawan dan wisudawati mengikuti proses pelantikan yang berlangsung di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), pada Sabtu (16/9). Sidang terbuka ini dipimpin oleh Senat Akademik Unpar, dan dihadiri pula oleh orang tua, kerabat serta kawan para lulusan.

Secara rinci, pada wisuda kali ini, terdapat 305 lulusan sarjana dan diploma Fakultas Ekonomi, 132 sarjana Fakultas Hukum, 253 sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 211 sarjana Fakultas Teknik, 16 sarjana Fakultas Filsafat, 216 sarjana Fakultas Teknologi Industri, 49 sarjana Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, 73 lulusan Program Magister, serta 10 orang Doktor dari Sekolah Pascasarjana Unpar.

Upacara Wisuda dimulai dengan prosesi pembukaan oleh Lingkung Seni Tradisional (Listra) Unpar, yang mengiringi masuknya Senat Akademik, beserta perwakilan dari Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar. Berikutnya, Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D berkesempatan memberikan sambutan bagi mahasiswa yang akan segera dilantik dan mendapat gelar sesuai jenjang pendidikannya. Besar harapan beliau agar para wisudawan dan wisudawati yang baru dilantik dapat mengemban tugas untuk membagikan ilmunya untuk diterapkan demi kebaikan dalam masyarakat.

Perwakilan Yayasan Unpar serta Ikatan Alumni (IKA) Unpar juga memberikan kata sambutannya. Sambutan IKA Unpar sekaligus menjadi momen penyambutan bagi kehadiran alumni Unpar yang baru. Dengan bergabungnya lulusan baru, kini jumlah alumni Unpar telah melebihi 58 ribu orang, tersebar dalam berbagai karya di seluruh pelosok negeri, bahkan sampai ke ranah global.

Setelah rangkaian upacara wisuda usai, para wisudawan dan wisudawati langsung disambut dengan meriah oleh rekan mahasiswa yang berasal dari berbagai kalangan, baik itu dari teman seangkatan, himpunan mahasiswa, anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), maupun Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) pada periode 2016-2017. Rona keceriaan tampak di antara kerumunan mahasiswa, sanak kerabat, dan terutama wisudawan dan wisudawati yang merayakan kelulusannya.

Salah satu himpunan mahasiswa program studi S1, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil (HMPSTS) menyambut para wisudawan dan wisudawati di luar ruang sidang dengan mengenakan atribut himpunan dan mengibarkan bendera HMPSTS. Dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) juga tidak kalah meriah. UKM  Mahasiswa Pecinta Alam (Mahitala) Unpar misalnya, menggunakan berbagai atribut Mahitala dan spanduk besar dari Mahitala terpampang di salah satu sudut di dalam Sabuga, turut menyambut para wisudawan dan wisudawati ketika keluar dari ruang sidang terbuka. Hal serupa dilakukan oleh berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di Unpar.

Wisuda tidak hanya menjadi momen akhir dari kehidupan perkuliahan bagi mahasiswa Unpar. Pelantikan ini menandai dimulainya tugas dan tanggung jawab setiap lulusan Unpar untuk mengabdi bagi masyarakat. Karya pengabdian bagi bangsa dan negara menjadi perwujudan Sesanti Unpar, “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” dalam diri setiap alumnus Unpar.