Home / Berita Terkini / Wakil UKM Wushu Unpar Raih Dua Medali dalam Wugames 2019

Wakil UKM Wushu Unpar Raih Dua Medali dalam Wugames 2019

Dalam kompetisi wushu Wugames 2019 yang diadakan di Universitas Indonesia pada 14-17 November lalu, salah satu perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Wushu Universitas Katolik Parahyangan, Viola Kinan, berhasil meraih Peringkat 1 dalam kategori Duilian dan Peringkat 2 dalam kategori Chang Quan.

Kinan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Wushu sejak kelas 3 SD, juga sudah sering mengikuti perlombaan wushu tingkat nasional dan daerah seperti Kejurnas, Kejurda, dan Porda. Namun, tahun 2019 merupakan tahun pertama Kinan untuk pertama kalinya mewakili Unpar di kompetisi Wushu. “Senang karena ini pertama kali mewakili Unpar juga, buat aku sebuah pengalaman. Biasanya dulu-dulu membawa nama sasana, tapi kalau sekarang mewakili Unpar dan berusaha menampilkan yang terbaik karena membawa nama baik Unpar,” tutur Kinan.

“Awalnya banget waktu SD motivasinya pengen bisa pegang alat, kaya pedang, golok, awalnya dari situ. Tapi lama-lama setelah nyobain, wushu tuh menarik aja buat aku karena sebenarnya wushu kalau dilihat ga sepenuhnya bela diri, tapi ngeliat aspek seni juga. Makanya kalau lomba atau ikut kompetisi, yang dinilai ada aspek keindahannya juga bukan hanya bertarung. Jadi dinilai tingkat kesulitannya, kesulitan loncatan, keindahan, bentuknya harus bagus. Itu yang bikin aku lebih senang sama wushu,” jelas Kinan saat ditanyakan mengapa dirinya tertarik dengan olahraga wushu.

Bagi Kinan, wushu sangat memberikan nilai-nilai positif bagi dirinya. Tidak hanya kekuatan fisik, namun stamina dan mental untuk dapat perform dan menampilkan yang terbaik, semuanya dapat ia pelajari dari wushu.

Di akhir wawancaranya dengan Tim Publikasi Unpar, Kinan berpesan kepada teman-teman mahasiswa untuk mencoba mengikuti UKM wushu dan untuk mengikuti kompetisi-kompetisi. “Temen-temen yang mau ikut wushu, cobain dulu karena kalau biasanya ngeliat dikira susah. Memang semuanya perlu proses, siapa tau nemu kesenangannya (di wushu). Untuk teman-teman yang mau ikut kompetisi, cobain karena itu pengalamannya banyak dan bisa mengukur kemampuan diri kita sampai mana dan bisa mendorong untuk lebih rajin latihan dan lebih meningkatkan kemampuan kita.” tutup Kinan. (YJR/DAN)