Home / Berita Terkini / Upaya Siaga Tingkatkan Keselamatan Kerja

Upaya Siaga Tingkatkan Keselamatan Kerja

Bencana dan kecelakaan kerja memang tidak terduga kedatangannya, namun kita bisa mengurangi dampak buruknya. Caranya adalah dengan membudayakan prinsip kewaspadaan dan kesiapsiagaan kita dalam menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini penting diterapkan di lingkungan dan komunitas apapun, termasuk di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) sebagai lingkungan pendidikan tinggi. 

Berkaca dari kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan kerja, Biro Umum dan Teknik (BUT) Unpar menggelar kegiatan talkshow bertema “Membangun Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Lingkungan Universitas Katolik Parahyangan.” Acara yang diselenggarakan di Mgr. Geise Lecture Theatre pada Senin (9/12) ini diikuti oleh peserta dari berbagai elemen komunitas akademik Unpar. Kegiatan juga dihadiri oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. dan Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Sumber Daya Dr. Nia Juliawati.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu Prof. Krishna Suryanto dari Pusat Penelitian Mitigasi Bencana, serta Dr. Yogi Wibisono Budhi selaku Kepala UPT K3L ITB. Para narasumber memberikan wawasan mengenai berbagai aspek keselamatan kerja, termasuk berbagi pengalaman dari institusi pendidikan tinggi mengenai standar keselamatan dan kesehatan kerja serta mitigasi bencana juga penanganan kecelakaan dalam lingkungan kampus.

Wawasan baru yang didapatkan melalui talkshow ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran seluruh komunitas akademik Unpar akan pentingnya keselamatan dalam lingkungan kampus, khususnya sebagai sebuah lingkungan kerja yang profesional. Hal ini tentu dapat meningkatkan kualitas pelayanan Unpar bagi masyarakat. (DAN)