Home / Alumni / Upacara Wisuda I: Unpar Lantik 881 Wisudawan

Upacara Wisuda I: Unpar Lantik 881 Wisudawan

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali melantik lulusannya dalam Upacara Wisuda I tahun akademik 2018-2019. Sebanyak 881 wisudawan mengikuti proses pelantikan dalam upacara wisuda yang diselenggarakan pada Sabtu (2/3) di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung.

Secara rinci, terdapat  5 lulusan Fakultas Filsafat, 173 lulusan Fakultas Teknik, 225 lulusan Fakultas Ekonomi, 43 lulusan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, 103 Fakultas Teknologi Industri, 138 lulusan Fakultas Hukum, serta 194 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Adapun wisudawan dan wisudawati terbagi ke dalam jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktor. Upacara Wisuda dimulai dengan penampilan pembuka dari Lingkung Seni Tradisional (Listra) yang mengiringi masuknya Senat Akademik, beserta perwakilan dari Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar.

Dalam kata sambutannya, Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D mengucapkan selamat kepada wisudawan atas kelulusannya, dan mengungkapkan bahwa upacara wisuda merupakan momen yang membanggakan. Beliau berpesan agar wisudawan membaktikan pembelajarannya selama di Unpar dan langsung berkarya di masyarakat sebagai bukti pertanggungjawaban publik Unpar. “Melalui peristiwa ini, Anda (wisudawan/wati) menyatakan diri siap untuk kembali ke masyarakat,” tegasnya.

Mewakili wisudawan, Sandy Christofer Setyono berharap setiap wisudawan untuk mengenang momen ini sebagai pencapaian dari perjalanan di Unpar dan selalu bersyukur atas segala pembelajaran yang telah didapat. Ia juga mengingatkan, agar menjunjung tinggi sesanti Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti saat memasuki ke tahapan hidup yang baru.

“Kemanapun kita melangkah, sejauh apapun kita pergi, iringilah selalu dengan sesanti kita, Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti, yang artinya Berdasarkan Ketuhanan, Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat. Terima kasih, terima kasih, terima kasih, Unpar. Kami, wisudawan dan wisudawati mohon pamit untuk menatap dan melangkah ke masa depan. HIDUP UNPAR!,” serunya menutup pidato. Pidato Pamit Wisuda tersebut kemudian diiringi dengan lagu persembahan “Mohon Diri” oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpar.

Pada penghujung acara, Tracy P. Tardia, SE Deputi Keanggotaan yang mewakili kepengurusan Ikatan Alumni (IKA) Unpar, menyampaikan pesan kepada wisudawan agar mereka benar-benar menjalankan sesanti Unpar dalam kehidupan mereka. Beliau pun berharap para wisudawan dapat bergabung dalam IKA Unpar dan secara aktif berkontribusi untuk memperkuat jaringan alumni Unpar.

Usai rangkaian upacara wisuda, para wisudawan disambut meriah oleh keluarga dan kerabat. Suasana haru, bangga, dan bahagia tampak di antara kerumunan yang merayakan kelulusan wisudawan.