Home / Berita Terkini / Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-71
Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-71

Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-71

Pada (17/8) telah dilaksanakan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71 yang diikuti oleh seluruh civitas academica Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpar, Mangadar Situmorang, Ph.D. bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa kemerdekaan sejatinya adalah bagian utama dari peradaban manusia. Dengan kemerdekaan pula maka kesempurnaan peradaban bisa diselami. Sejarah kemerdekaan Indonesia sesungguhnya adalah sejarah pendidikan. Buah dari pengetahuan dan hasil dari proses penyadaran kolektif serta penyadaran berbangsa dan bernegara. Beliau juga mengatakan bahwa dalam perayaan HUT RI ke-71 ini kita diajak untuk bekerja lebih nyata, bekerja lebih terasa, dan lebih berdampak.

Dalam upacara tersebut juga dilakukan penyerahan buku secara simbolis oleh Rektor Unpar kepada sejumlah instansi pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA di Bandung. Sebelumnya, pada (8/8), seluruh mahasiswa baru angkatan 2016 mengumpulkan sebuah buku di acara Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) 2016 melalui Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) Unpar. Sebanyak lebih dari 2000 buku disebarkan sebagai bentuk komitmen awal mahasiswa baru Unpar dalam mengabdikan diri kepada masyarakat untuk mewujudkan sesanti Unpar “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti”.

“Para mahasiswa diajak untuk terus membangun, mengembangkan diri melalui peningkatan kemampuan, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, memperluas wawasan, membangun sikap-sikap seperti disiplin, bertanggung jawab, inovatif, komunikatif, serta memiliki jiwa dan tanggung jawab sosial yang tinggi. Para dosen juga diajak, diingatkan untuk terus mengembangkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma yang menjadi tugas utamanya, meningkatkan kualitas pengajaran, pendidikan, penelitian, dan publikasi, sekaligus juga pengabdian kepada masyarakat”, pesan Mangadar Situmorang.

Beliau juga berpesan kepada seluruh tenaga kependidikan di Unpar untuk secara nyata meningkatkan kualitas pelayanan administratif baik kepada para mahasiswa maupun kepada pemangku kepentingan lainnya sehingga proses penyelenggaraan pendidikan tinggi di Unpar menjadi lebih baik lagi.